Tips Mengolah Gelatin untuk Bahan Makanan

Tips Mengolah Gelatin untuk bahan makanan. Gelatin merupakan protein asli yang diperoleh dari proses hidrolisis Gelatin kulit dan tulang hewan. Penggunaan gelatin telah dimulai sejak jaman dahulu di negara – negara eropa. Gelatin digunakan dalam barbagai macam industri, seperti makanan, kosmetik, produk kesehatan dan juga obat-obatan. Pada indutri makanan ini, diantaranya sebagai campuran dalam pembuatan ice cream, chocolate, keju, butter, yogurt dan lain-lain. Selain itu gelatin juga banyak digunakan dalam pembuatan kue diantaranya untuk melapisi permukaan kue agar terlihat lebih mengkilap dan cantik. Dipasaran terdapat 2 macam bentuk gelatin, yaitu gelatin bubuk dan gelatin dalam bentuk lembaran tipis seperti plastik. Berikut tips mengolah gelatin untuk bahan makanan, yaitu :

  • Untuk gelatin bubuk ; Sebelum menggunakan gelatin dalam bentuk bubuk, sebaiknya dilarutkan dahulu dengan air, aduk-aduk baru kemudian dimasak dengan api hinggan gelatin larut.
  • Untuk gelatin yang berbentuk lembaran; Rendam dahulu gelatin dalam air hangat hingga larut, baru kemudian dimasak hingga mendidih.
  • Jika gelatin akan dicampur kan dalam adonan kue, setelah dimasak dinginkan dahulu, tetapi jangan sampai beku, setelah itu baru dapat dicampur ke dalam adonan. Aduk menggunakan sendok kayu hingga tercampur rata.  

Bahan baku gelatin berasal dari kulit dan dari tulang hewan. Hewan yang digunakan biasa nya adalah sapi, kerbau, kambing serta babi. Untuk jenis kulit dari babi biasanya gelatin diproses dengan menggunakan asid, gelatin yang berasal dari babi dipasaran biasanya dikenal dengan gelatin jenis A. Sedangkan untuk kulit sapi, kerbau dan kambing diproses menggunakan alkali atau air kapur dan gelatin ini disebut dengan gelatin jenis B. Tetapi pada industri besar biasanya lebih menggunakan bahan dari babi karena prosenya mudah dan murah, sehingga bisa menekan biaya produksi.

Sedangkan untuk umat muslim tentu gelatin jenis A yang berasal dari babi sudah barang tentu hukumnya haram jika digunakan dalam berbagai bentuk produk. Oleh sebab itu sebelum Anda membeli gelatin di pasaran sebaiknya Anda pastikan dahulu jenis gelatin yang akan Anda beli, biasanya pada kemasan disertakan tulisan produk halal. Apabila masih ragu Anda bisa menenyakan pada petugasnya. Hal itu untuk memastikan bahwa gelatin yang akan kita konsumsi benar-benar halal. Gelatin ini mempunyai fungsi yang tidak tergantikan oleh bahan lainnya, karena gelatin ini tidak punya rasa dan bau serta warna sehingga dia bisa di pakai dalam produk apapun, oleh sebab itu gelatin juga biasa di sebut dengan miracle food.   

Oleh karena itu bagi para ibu khususnya yang ingin membuat kue dengan campuran gelatin, selain harus tau tips mengolah gelatin untuk bahan makanan atau kue yang akan Anda buat, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih gelatin. Karena biasanya bahan makanan yang berasal dari gelatin sangat disukai oleh anak-anak, misalnya ice cream, jelly, permen kenyal yang beraneka bentuk dan makanan lainnya yang memang sangat menarik. Hal itu untuk menjaga apa yang dikonsumsi oleh buah hati Anda adalah makanan yang sehat dan halal tentunya.   

>>>> Semoga Bermanfaat <<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...