Tips Mengolah Ikan Asin

Tips Mengolah Ikan Asin. Apakah Anda salah satu penggemar ikan asin ? Atau Anda ogah menyantap ikan asin karena ikan asin Anda berpikir bahwa ikan asin adalah makanan kampung dan hanya orang kalangan bawah saja yang menyantapnya ? Jangan salah ikan asin adalah salah satu makanan bergizi, selain harga nya terjangkau rasanya pun luar biasa, apalagi jika disantap bersama sambel terasi dan nasi hangat. Siapapun bisa menyantap ikan asin ini mulai daari anak-anak hinga orang dewasa. Saat ini ada banyak variasi ikan asin yang ada di pasaran, terserah anda mau memilih yang mana ? Saat membeli ikan asin sebaiknya Anda teliti dan pilih ikan asin yang bagus. Jika Anda kesulitan memilih yang bagus Anda harus mempunyai cara atau tips saat mengolah ikan asin tersebut.

Ikan asin kering dipasaran kadang memang kurang terjamin kebersihannya, juga mengandung beberapa zat-zat tertentu yang mungkin berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. tetapi jika kita tau tips mengolah ikan asin dengan benar maka kita akan memperoleh kandungan gizi yang terdapat pada ikan asin tersebut. kandungan gizi pada ikan asin antara lain, energi, kalisium, zat besi, fosfor, Vitamin B1, Vitamin A, Vitamin C, protein serta karbihidrat. Apabila Anda ingin mendapatkan gizi dari ikan asin sebaiknya Anda memperhatikan tips mengolah ikan asin berikut ini :

  • Jika ikan asin bau asam, Anda taburi garam atau cuci dengan garam.
  • Jika ikan asin bau tengik, biasanya biasanya karena proses penyimpanan yang terlalu lama, sehingga lemaknya teroksidasi. Untuk mengatasinya buang bagian permukaan ikan, lalu cuci bersih.
  • Untuk menghindari kadar logam berat pada ikan asin, sebaiknya sebelum diolah direndam dahulu dengan larutan cuka selama beberapa menit.
  • Untuk menghindari permukaan daging ikan asin terlihat putih mengeras dan mudah patah, penyebabnya adalah garam yang kotor atau pengeringan yang terlalu cepat. Cara mengatasinya rendam dalam air selama beberapa menit sebelum diolah.

Mengkonsumsi ikan asin mungkin memang ada efek-efek tertentu selain manfaatnya, tetapi jika Anda mengerti tips mengolah ikan asin tersebut, kemungkinan efek yaang kurang baik akibat mengkonsumsi ikan asin bisa di minimalisir. Sehingga yang didapat adalah manfaat dari ikan asin itu sendiri. Makanan bergizi tidak harus mahal, dengan pengolahan yang tepat tentu kita sudah bisa memperoleh Gizi serta protein dari makanan yang harganya terjangkau, asalkan tidak berlebihan. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan asin yach….!!

>>>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...