Tips dan Triks Membuat Chiffon Cake

Tips dan Triks Membuat Chiffon Cake. Chiffon cake adalah cake yang dibuat dengan mencampurkan kuning telur  Chiffon Cake dengan minyak, tepung terigu, dan baking powder. sementara putih telur dan gula dikocok terpisah sampai mengembang dan kaku. Chiffon cake ini menghasilkan cake yang bertekstur lembut dan halus. Cara membuat chiffon cake sebenarnya gampang-gampang susah. Kalau ada kesalahan sedikit saja atau ada bahan yang digunakan tidak dalam kondisi baik maka hasil dari chiffon cake akan berantakan alias amburadul. karena chiffon cake ini cake yang sangat lembut maka kita harus lebih hati-hati memperlakukannya setelah cake dikeluarkan dari oven. Berikut tips dan triks membuat chiffon cake agar hasilnya sempurna :

  • Pastikan wadah tempat mengocok putih telur dan mixer yang kita gunakan kering (tidak terkena air sedikitpun). Karena jika ada air dalam wadah maka hasil pengocokan akan rusak tidak bisa kaku.
  • Pastikan telur yang digunakan berkualitas bagus, terutama untuk putih telurnya. Ciri putih telur yang bagus adalah masih kental atau tidak encer, karena hal ini juga akan mempengaruhi hasil pengocokan.
  • Saat mengocok putih telur sebaiknya ditambah dengan cream of tar-tar, kalau tidak ada bisa diganti dengan perasan air jeruk nipis. Hal itu dilakukan agar putih telur tidak berair. Karena bila putih telur berair maka jika ditaruh dalam cetakan akan bocor. Caranya kocok putih telur sampai sedikit berbusa lalu tambahkan gula yang dicampur dengan cream of tar-tar sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga kaku.
  • Kuning telur tidak ikut dikocok, melainkan dicampur dengan tepung terigu, baking powder, minyak dan garam aduk menggunakan sendok kayu atau spatula.
  • Saat mencampur adonan putih telur dan kuning telur lakukan secara bertahap, aduk dengan pelan hingga adonan tercampur rata.
  • Cetakan chiffon cake tidak perlu dioles dengan mentega atau kertas roti, jadi adonan cake langsung dimasukkan cetakan tanpa dioles apapun.
  • Sebaiknya gunakan cetakan khusus chiffon cake, karena khusus cetakan chiffon cake memang bongkar pasang. Hal itu untuk memudahkan saat melepaskan cake dari cetakan.
  • Panaskan terlebih dahulu oven saat akan memanggang cake, saat memanggang/mengoven gunakan suhu yang tidak terlalu panas atau gunakan api sedang. Jangan membuka oven sebelum 30 menit pertama, karena bisa menyebabkan cake tidak mekar sempurna.
  • Untuk mengecek apakah cake sudah matang, cukup tusukkan lidi tipis jika lidi diangkat kering maka cake sudah matang atau Anda cukup menekan permukaan cake, jika cake ditekan dan bisa kembali lagi maka cake sudah matang.
  • Setelah chiffon cake matang, maka cetakn yang berisi cake tadi harus dibalikkan diatas leher botol atau jika cetakan chiffon ada kakinya cukup dibalikkan saja. hal ini dilkukan agar chiffon cake tidak kempes atau tetap kokoh.
  • Saat mengeluarkan cake dari cetakan gunakan pisau tajam dan tipis yang diselipkan antara cetakan dan kue, hal itu harus dilakukan dengan hati-hati agar pisau tidak merusak kue.
  • Saat memotong Chiffon cake sebaiknya menggunakan pisau bergerigi agar teksturnya tidak rusak, jika menggunakan pisau biasa maka hasil dari potongan tersebut tidak bagus.

Dengan Tips dan triks membuat chiffon cake diatas, semoga Anda jadi semangat untuk mencoba membuat chiffon cake sendiri dirumah untuk keluarga Anda tercinta tentunya. Karena selain teksturnya lembut seperti kapas, chiffon cake ini juga mempunyai rasa yang lezat dan nikmat. Jika Anda tertarik membuat dan pengen tau resep chiffon cake, silahkan Anda KLIK DISINI untuk mengetahui resepnya yach…!!! 

@@@@@ Semoga Bermanfaat @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...