Mengenal Kandungan Gizi pada Telur

Mengenal Kandungan Gizi pada Telur. Telur merupakan kapsul alami bergizi tinggi, Hal ini dikarenakan kandungan Nutrisi Telur gizi pada telur sangatlah lengkap. kandungan protein dengan asam aminonya nyaris sempurna. Begitu pula kandungan vitamin dan mineralnya. Tak heran jika sebagai bagian diet dikalangan masyarakat, telur mempunyai tempat yang tak tergantikan. Sayangnya saat ini tidak sedikit orang yang menjauhi mengkonsumsi telur atau segala hidangan yang mengandung telur. Ketakutan terhadap bahaya kolesterol yang ada pada kuning telur, biasanya menjadi momok yang paling besar. Padahal kandungan kolesterol dalam sebutir telur masih berada dibawah ambang batas aman. jadi sebenarnya tidak perlu punya rasa takut saat mengkonsumsi telur.

Untuk menbuang ketakutan Anda saat mengkonsumsi telur, sebaiknya Anda mengenal kandungan gizi pada telur terlebih dahulu. Bukanlah sebuah isapan jempol belaka jika telur dikatakan memiliki kandungan gizi tinggi, lengkapnya kandungan asam amino essensial telur makin membuktikan perkataan tersebut. Oleh sebab itu telur sering digunakan sebagai standar untuk menilai mutu protein dari bahan pangan lain yang dikenal dengan istilah Protein Senilai Telur ( PST ). Disamping itu telur juga memiliki mutu protein tertinggi jika dibandingkan dengan bahan pangan lainnya. Berikut kandungan gizi pada telur, diantaranya yaitu :

  • Putih telur sendiri adalah komponen terbesar dari telur (60 %), proteinnya terdiri dari ovalbumen, conalbumen, ovomucin, ovotransferin, ovomucoid, lyzosyme, avidin, ovoglobulin, ovoinhibitor dan flavoprotein.
  • kandungan lemak yang terdapat pada kuning telur berupa lipoprotein yang terbagi menjadi High density Lipoprotein (HDL), Very Low Density Lipoprotein (VLDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL). HDL mengandung sedikit lemak (10%), merupakan unsur yang bermanfaat bagi tubuh. LDL menganddung 20% lemak dan VLDL mengandung 40%. LDL dan VLDL merupakan unsur lemak yang berbahaya dan cenderung meningkatkan serum kolesterol.
  • Kandungan kolesterol dalam satu butir telur dengan berat kuning telur 17 g sebesar 213 mg kolesterol. Memang kandungan tersebut cukup tinggi, namun asupan tersebut masih dibawah batas yang disarankan oleh american Heart Assocition (AHA) untuk dewasa yaitu sekitar 300 mg. Selain itu telur juga sumber mineral yang istimewa dan lengkap. Mineral tersebut yaitu zat besi fosfor, kalsium, sodium dan magnesium. Tinggi rendahnya kandungan masing-masing mineral dipengaruhi oleh pakan ternak yang diberikan.
  • Kandungan vitamin pada telur juga bervariasi, tergantung dari jenis pakan yang diberikan. Vitamin larut lemak yaitu vitamin A,D,E dan K terdapat pada kuning telur, sedangkan vitamin yang larut air yaitu vitamin B yang terdapat pada putih ataupun kuning telur. Satu-satunya vitamin yang tidak terdapat pada telur adalah vitamin C.

Bagaimana setelah mengenal kandungan gizi pada telur, apakah Anda tetap menjauhi telur sebagai salh satu lauk sehari-hari karena alasan banyak kolesterol yang tinggi ? Bukankah selain kolesterol yang tinggi tersebut kita masih bisa memperoleh manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan tubuh kita. So…mulai sekarang jangan ragu lagi atau takut jika anggota keluarga Anda, khususnya buah hati Anda sangat gemar mengkonsumsi telur, karena kandungan gizi pada telur sangatlah tinggi, oleh sebab itu tidak salah jika banyak orang menyebut telur adalah kapsul alami bergizi tinggi.

>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan