Kandungan Gizi dan Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Jamur Tiram bagi kesehatan. Jamur tiram saat ini memang menjadi salah satu jamur tiram jamur yang paling populer dikalangan masyarakat, baik itu didesa ataupun dikota. Jamur tiram yang bahasa latinnnya disebut dengan Pleurotus Ostreatus adalah termasuk jamur pangan yang aman dikonsumsi oleh manusia. Sekarang ini sudah banyak orang yang membudidayakan jamur tiram, yang memang prospeknya sangat menjanjikan jika dikelola sungguh-sungguh. Cara pembudidayaannya juga sangat mudah dan simple, tentunya dengan suhu dan tempat serta media yang sesuai. Cara membudidayakan jamur tiram  sangat mudah dipelajari dan tentunya dengan ketlatenan maka jamur tiram akan dengan mudah tumbuh dengan subur. Jika dibanding jamur lainnya, jamur tiram harganya relatif lebih murah dan yang pasti kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan juga tidak kalah dengan kandungan gizi dan manfaat jamur yang lebih mahal dan lebih populer dibanding jamur tiram.

Jamur tiram mempunyai ciri-ciri umum yaitu berwarna putih atau krem serta  mempunyai tudung berbentuk setengah lingkaran yang menyerupai cangkang tiram, oleh karena itulah mungkin jamur ini disebut dengan jamur tiram. Dialam bebas jamur tiram sangt mudah dijumpai dihutan pegunungan daerah yang beriklim sejuk dan biasany jamur tiram ini tumbuh pada permukaan batang pohon yang sudah lapuk atau pohon yang sudah ditebang, karena jamur tiram memang termasuk jamur kayu. Sedangkan untuk kandungan gizi pada jamur tiram dari beberapa penelitian dari beberapa universitas yang memang bisa dipertanggung jawabkan, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, Vitamin B1, B2 dan C.

Jamur tiram juga merupakan salah satu bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein yang tinggi, kaya vitamin dan mineral serta rendah lemak, karbohidrat dan kalori. Lemak yang terkandung dalam jamur tiram merupakan asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik bagi penderita yang kelebihan kolesterol ataupun gangguan metabolisme lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat jamur tiram bagi kesehatan, antara lain :

  • Menurunkan kolesterol
  • Mengatasi jantung lemah
  • Mengatasi penyakit lever
  • Mengatasi penyakit anemia
  • Mengatasi penyakit diabetes
  • Sebagai Antioksidan
  • Menurunkan berat badan karena kandungan seratnya sangat tinggi
  • Sebagai antibakterial dan antitumor
  • Meningkatkan imun tubuh

Begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan hanya mengkonsumsi jamur tiram ini. Jamur tiram sendiri untuk dijadikan makanan cara mengolahnya juga sangat mudah dan bisa diolah menjadi berbagai masakan atau ditambahkan pada makanan favorit Anda. Rasanya juga tidak kalah dengan daging ayam, sehingga jamur tiram ini sering dijadikan pengganti daging ayam bagi para vegetarian. Bagaimana apakan Anda salah satu penggemar jamur tiram ini ? Kalau belum cobalah untuk megolahnya menjadi makanan yang bisa menggugah selera Anda, dengan begitu Anda pasti akan mulai menyukainya dan Anda juga akan memperoleh manfaat kesehatan setelah menyantapnya. Karena kandungan gizi dan manfaat jamur tiram sangat bagus buat kesehatan kita semua…!!

 

@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan