Tips dan Triks Membacakan Buku untuk Bayi

Tips dan Triks Membacakan Buku untuk Bayi. Membacakan buku untuk seorang bayi terkadang bukan perkara Baca Buku yang mudah, terutama pada awal kita memulainya. Anda mungkin merasa canggung atau ragu saat mulai membacakan cerita untuk bayi Anda. Faktanya tak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan buku, bayi yang masih belum bicarapun memerlukannya. Membaca buku adalah cara terbaik untuk menambah ilmu pengetahuan. Begitu pentingnya membaca, sehingga kegiatan ini sangat perlu dikenalkan pada anak-anak sejak dini, tak terkecuali pada anak yang masih bayi. Tetapi Anda harus harus mengerti tips dan triks membacakan buku untuk bayi sebelumnya, agar kegiatan ini jadi menyenangkan.

Mungkin Anda masih bingung bagaimana memulainya, tapi Anda harus melakukannya. Agar kegiatan membacakan buku untuk bayi ini bisa sukses, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

1. Percaya diri

Percayalah kepercayaan diri anda akan terpupuk ketika Anda menyadari bahwa dengan perhatian dan bacaan yang Anda bacakan, anak akan memberi respon yang berarti. Yang terpenting Anda harus membaca secara jelas dengan artikulasi yang bisa dicerna dengan baik oleh bayi

2. Belajarlah dari orang lain

Bila Anda masih ragu, sebaiknya Anda belajar dengan orang lain. Anda bisa lebih banyak menonton televisi yang yang mungkin bisa membantu Anda. dengan begitu Anda bisa menirukannya untuk melancarkan kegiatan membacakan buku untuk bayi Anda.

3. Carilah buku cerita yang menarik

Agar si kecil lebih tertarik, bacalah buku cerita yang kaya akan ritmik bacaan didalamnya. Dengan begitu Anda juga bisa mengolah tinggi rendah suara sesuai dengan apa yang Anda baca. Ikutilah ekspresi dari bacaan itu. Gabungkan antara suara dan mimik wajah berdasarkan cerita yang sedang Anda baca.

4. Bacakan buku cerita yang sama berulang-ulang

Menbaca buku cerita berulang-ulang, perlu dilakukan. kemudian ajaklah si kecil menirukan apa yang sedang Anda bacakan. Cara ini bisa membantu bayi untuk mengingat-ingat huruf demi huruf yang kemudian akan terangkai menjadi satu kata.

5. Jadikan kegiatan yang menyenangkan

Gendong dan dekaplah bayi Anda, jika ia sudah besar pangkulah ia. Saat seperti itu anak akan mengembangkan hubungan positif antara membaca dan kenyamanan. Selain itu jika suasana membacakan buku santai dan menyenangkan akan bisa membantu mereka menirukan kata-kata sederhana yang mudah diingat. Biarkan si kecil mengikuti ucapan Anda. 

6. Buatlah jadwal rutin

Membuat jadwal rutin untuk membacakan buku untuk bayi sangat penting. Karena dengan begitu si kecil akan menunggu moment saat Anda membacakan buku untuk nya. Misalnya, setelah makan siang atau sebelum tidur dan si kecil akan terbiasa dengan hal itu dan akan menikmatinya.

Mengajak anak membaca buku sejak dini, terutama bayi memang memiliki banyak manfaat. Saat Anda membacakan buku untuk bayi Anda maka sel-sel otak bayi Anda akan terangsang untuk memberikan perintah. Otak akan memerintahkan telinga untuk mendengar, mata untuk melihat obyek di buku serta mengingat bentuk gambar dan suara yang Anda keluarkan saat membaca. Dan juga akan meningkatkan kemampuan bayi dalam berbahasa saat anak dewasa. Oleh sebab itu, setelah Anda mengetahui tips dan triks membacakan buku untuk bayi, sebaiknya mulailah kegiatan membaca ini dari sekarang yacah…!!! 

 #### Semoga Bermanfaat ####

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...