Manfaat Senyuman bagi Kesehatan

Manfaat Senyuman bagi Kesehatan. Senyuman termasuk salah satu hal yang sangat penting saat kita smile berinteraksi  dan dalam membangun sebuah hubungan sosial dalam masyarakat. Sebab senyuman merupakan salah satu ekspresi yang menunjukkan bahwa seseorang itu mempunyai perasaan senang atau gembira serta menyenangkan bagi kebanyakan orang yang melihatnya. Dan mungkin tidak banyak yang tau bahwa senyuman itu mempunyai manfaat bagi kesehatan. Senyuman juga salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi stress serta akan membawa suasana hati orang lain yang kita ajak berinteraksi juga menjadi senang, selain itu senyuman juga bermanfaat bagi kesehatan diri kita sendiri.

Namun kadang kita sering lupa untuk tersenyum saat bertemu dengan sahabat atau keluarga kita sendiri. Mungkin karena kita berpikir toh kita sering bertemu mereka setiap hari, sehingga tidak perlu memberikan sebuah senyuman pada mereka. Padahal sebenarnya diantara sedekah yang lain, senyuman merupakan salah satu sedekah yang paling murah. Bahkan senyuman merupakan sebuah ibadah. Apabila dalam keseharian kita sering memberikan senyuman kepada orang lain, tentu tanpa kita sadari kita sudah memberikan sedekah dan ibadah walaupun itu hanya sebuah senyuman. Jadi sedekah itu tidak melulu hanya dengan materi, tetapi hanya dengan senyuman yang tulus kepada orang lain itu juga sebuah sedekah.

Selain itu bukankah senyuman juga bisa meningkatkan keharmonisan sebuah hubungan. orang yang tersenyum saat bicara dengan orang lain tentu akan membuat suasana lebih nyaman daripada orang yang bicara dengan cemberut alias jutek. Senyuman juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan akan bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih menyenangkan. Berikut beberapa manfaat senyuman bagi kesehatan, diantaranya :

  1. Senyuman bisa meredakan stress, pada saat kita sedang lelah, letih dan suntuk saat menghadapi sebuah masalah, cobalah untuk untuk tersenyum. Mungkin dengan mendengar cerita humor atau sekedar mengingat kejadian lucu yang pernah kita alami. Tentu rasa stress itu akan sedikit berkurang dan anda akan bersemangat lagi.
  2. Senyuman bisa menurunkan tekanan darah, Hal ini terjadi karena pada saat anda tersenyum maka akan terjadi penurunan nilai tekanan darah pada tubuh anda. Karena pada saat anda tersenyum tubuh anda menjadi rileks sehingga tekanan darah menjadi stabil.
  3. Senyuman bisa meningkatkan kekebalan tubuh, Dengan tersenyum maka akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekarja lebih baik, sehingga fungsi imun meningkat dan membuat tubuh menjadi rileks dan hal itu bisa menghindarkan anda dari penyakit flu dan pilek.
  4. Senyuman bisa mengurangi rasa sakit, hal ini dikarenakan pada saat kita tersenyuman maka tubuh akan melepaskan Endorfin yaitu senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan otomatis akan membuat orang merasa lebih baik karena senyuman tadi.
  5. Senyuman bisa membuat wajah lebih awet muda, Hal ini dikarena pada saat tesenyum aliran darah disekitar wajah menjadi lebih lancar dan ribuan syaraf disekitar wajah mengalami gerakan secara konstan. hal ini akan membuat otot dan kulit wajah semakin kencang sehingga mengurangi efek terjadinya keriput. Karena menurut pakar kesehatan dan kecantikan senyuman adalah salah satu olahraga yang paling efektif agar wajah kelihatan tetap awet muda.

senyuman memang mempunyai manfaat bagi kesehatan, tetapi kita juga harus mengetahui situasi dan kondisi, kapan dan dimana kita harus tersenyum. karena jika kita tersenyum pada saat situasi dan kondisi yang tidak tepat maka akan membuat orang lain menjadi sakit hati. Selain itu hendaknya kita tersenyum dengan tulus dan sewajarnya serta tidak berlebihan, agar orang lain tidak menjadi salah faham. Bagaimanapun senyuman adalah sebuah olahraga, sedekah dan ibadah yang paling ringan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Oleh sebab itu mulai sekarang cobalah untuk tersenyum karena senyuman sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita,,, KEEP SMILE !!!!

@@@@@ BE HEALTHY BE HAPPY @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...