Cara Menghadapi Si Kecil yang Terlalu Pengalah

Cara Menghadapi Sikecil yang Terlalu Pengalah. Apakah anda salah satu orang tua yang mempunyai buah hati anak pengalah yang senang mengalah ?? Bagaimana cara menghadapi sikecil yang terlalu pengalah?? Anak pengalah menurut banyak orang tua adalah termasuk anak yang baik hati dan penurut, tetapi bagaimana jika dalam berbagai hal dia selalu mengalah?? Sebenarnya jika sikecil mempunyai sifat terlalu pengalah, tentu saja tidak baik buat perkembangan mentalnya. Sifat terlalu pengalah yang dimiliki sikecil bisa jadi menunjukkan kurangnya rasa percaya diri atau kurangnya pikiran inisiatif yang dimiliki oleh sikecil, mungkin juga karena dia takut untuk bilang tidak karena takut dijauhi oleh teman-temannya.

Sifat terlalu pengalah juga mempunyai manfaat positif, karena dengan mengalah mungkin anak kita terhindar dari hal-hal yang sering terjadi pada anak-anak misalnya pertengkaran. Tetapi perlu diingat kita sebagai orang tua jika harus memberi pelajaran pada anak bahwa tidak perlu dalam segala hal harus mengalah, karena hal itu akan berakibat pada kemungkinan si kecil akan dimanfaatkan oleh teman-temannya. Untuk itu berikut adalah cara menghadapi perilaku si kecil yang terlalu pengalah diantaranya :  

1. Buat permainan secara bergiliran

Anak yang pengalah dalam bermain mungkin cenderung diam dan melihat temannya bermain, karena dia berpikir nanti dulu hingga temannya selesai, baru mungkin dia mau bermain atau mungkin malah tidak bermain sama sekali karena anak yang pengalah cenderung pendiam. Jika hal itu terjadi sebaiknya anda sebagai orang tua harus bisa memberi saran / masukan kepada gurunya jika sikecil sudah sekolah playgroup atau TK , agar dibuat permainan secara bergiliran. Sehingga anak yang pengalah tadi bisa ikut bermain.

2. Ajarkan si kecil untuk berani berkata ’TIDAK’

Mungkin anak yang pengalah tidak berani berkata tidak, karena takut dijauhi oleh teman-temannya. Tetapi sebagai orang tua harus mengajarkan pada anak jika memang dia mengalah harus dilakukan dengan ikhlas tanpa mengeluh. Dan katakan juga apabila dia berani berkata ”TIDAK” dan itu dilakukan dengan cara baik-baik, tentu dia tidak akan dijauhi oleh teman-temannya. Dengan begitu anak akan bisa berpikir mana waktu untuk mengalah dan mana yang tidak.

3. Laporkan ke Guru

Hal ini perlu dilakukan jika memang anak kita mempunyai teman yang selalu memukul dan suka marah-marah, karena jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan akan berakibat pada perkembangan mental si kecil yang selau ketakutan untuk berangkat ke sekolah. Dan tanamkan pada anak untuk bisa membela diri jika dia tidak bersalah dengan begitu anak akan mengambil sikap jika dia disakiti oleh teman-temannya.

4. Usahakan untuk mengenalkan banyak Teman

Mungkin ada anak yang dirumah periang tetapi begitu masuk sekolah dia jadi anak yang pendiam, hal ini mungkin karena sikecil sulit bersosialisasi. Cara yang terbaik adalah sering-sering lah ajak si kecil untuk bermain ditaman, dengan begitu anda bisa mengenalkan banyak teman pada si kecil, karena biasanya disitu terdapat banyak anak kecil yang memiliki usia sebayanya. Dengan begitu mungkin si kecil akan bisa belajar bersosialisasi dan bisa memudahkan dia beradaptasi dilingkungan sekolahnya.

Demikianlah beberapa cara menghadapi sikecil yang terlalu pengalah, anda sebagai orang tua sebaiknya harus lebih banyak mengamati dan mengerti tentang sifat dan sikap si kecil. Hal ini dilakukan agar si kecil menjadi anak yang tangguh dan bisa menjadi anak yang berani tetapi tahu akan sikap mana yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Bagaimanapun anak adalah cerminan dari orang tua dan sebagai orang tua kita ingin hal yang terbaik untuk buah hati kita.

#### SEMOGA BERMANFAAT ####

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...