Manfaat Mengecek Nafas Bayi Baru Lahir

Manfaat Mengecek Nafas Bayi Baru Lahir. Mengecek nafas bayi yang baru lahir sangat  penting dilakukan. Baby Memperhatikan naik turunnya dada bayi yang sedang tidur memang sudah biasa dilakukan oleh para ibu, terutama ibu baru. Hanya saja tak banyak ibu yang menyadari kalau apa yang ia lakukan itu sangat penting dan bermanfaat bagi bayinya. Manfaat mengecek nafas bayi baru lahir tak hanya bertujuan melihat kondisi bayi saja, namun juga sangat bermanfaat untuk mengetahui adanya gangguan pernafasan yang mungkin saja dialami oleh bayi yang baru lahir.

Selain itu manfaat yang sangat penting mengapa ibu harus sering mengecek nafas bayi yang baru lahir adalah untuk mencegah kematian bayi mendadak atau SuddenInfant Death syndrome ( SIDS ). Nafas pada bayi baru lahir disebut pernafasan periodik. Itu karena nafas bayi terdiri dari beberapa tahap yang berlangsung secara periodik. Bayi akan bernafas cepat dan dalam, kemudian lebih lambat dan dangkal, lalu akan berhenti selama lima detik atau lebih. Setelah berhenti maka bayi akan kembali bernafas cepat dan dalam, kemudian lebih lambat dan dangkal, lalu bernafas lagi dan begitulah seterusnya.

Oleh sebab itu bagi para ibu terutama ibu baru, tak perlu cemas jika tiba-tiba Anda melihat bayi Anda seolah-olah tak bernafas. Hal itu wajar dan normal, setelah itu perlahan-lahan akan menjadi pola pernafasan yang lebih sempurna. Hingga bulan kelima, nafas bayi seringkali diselingi dengan nafas yang panjang. Untuk memastikan bahwa nafas bayi itu normal, Anda bisa memeriksa keadaannya, berikut cara mengecek nafas bayi baru lahir :

  1. DENGARKAN ; Letakkan telinga Anda didekat mulut dan hidung bayi, lalu dengarkan bunyi nafasnya.
  2. PERHATIKAN GERAKAN NAIK TURUNDADA BAYI; Membungkuk dan berlututlah sehingga mata Anda sejajar dengan dada bayi. Perhatikan gerakan naik turun dada bayi saat ia mengambil dan menhembuskan nafasnya.
  3. RASAKAN ; Letakkan dagu Anda dekat mulut dan hidung bayi, kemudian rasakan ekshalasi ( pernafasan keluar ) yang mengenai kulit Anda.

Itulah beberapa manfaat mengecek nafas bayi dan cara mengecek nafas bayi yang baru lahir. Karena manfaat mengecek nafas bayi adalah untuk mencegah SIDS yaitu kematian mandadak pada bayi. Pengetahuan ibu tentang hal ini juga sangat penting, terutama bagi ibu baru, jadi apabila bayi Anda tiba-tiba  berhenti bernafas sejenak, Anda tidak perlu khawatir lagi. Tetapi jika bayi berhenti bernafas lebih dari 5 detik dan bibir bayi berubah menjadi biru maka Anda harus segera membawanya ke Dokter, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

@@@@@ Semoga Bermanfaat @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...