Tanda-Tanda Alergi Kosmetik

Tanda-Tanda Alergi Kosmetik. Kosmetik identik dengan wanita, meskipun di era sekarang ini banyak juga kaum Alergi kosmetik adam yang mulai peduli dengan kosmetik tentunya tidak seheboh para wanita. Bahkan sebagian besar wanita rasanya kurang pede atau percaya diri atau merasa ada yang kurang jika belum menggunakan kosmetik, walaupun itu hanya kosmetik dasar. Dengan banyaknya produk kosmetik yang dijual bebas saat ini yang menawarkan cara instan dan murah untuk membuat kulit para wanita menjadi cantik dalam waktu sekejap, sehingga banyak yang tergiur memakainya tanpa mempertimbang kan bahaya dan efek samping yang terjadi dikemudian hari akibat alergi kosmetik yang mereka pakai. Padahal bahaya yang didapat jika salah memakai kosmetik sangatlah fatal dan itu sudah banyak contoh kejadiannya. Kadang mereka juga tidak menyadari kalau kulit mereka sensitif dengan produk kosmetik tersebut, walaupun tanda-tanda alergi kosmetik sudah mulai muncul dan dirasakan oleh mereka.

Wajah adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain, tentu semua orang khususnya kaum hawa menginginkan wajah yang putih mulus tanpa jerawat dan bintik hitam dimana-mana bukan ? Tetapi haruskah membuat wajah menjadi bersih dan cantik harus dengan kosmetik yang iklannya memang sangat menggiurkan tanpa memeperdulikan efek negatif yang terjadi dikemudian hari ?? Untuk itu sebelum membeli kosmetik Anda harus pintar memilih kosmetik mana yang cocok untuk jenis kulit wajah Anda, karena cocok bagi orang lain belum tentu cocok bagi Anda. Jika Anda salah memilih bukan wajah cantik yang didapat tapi malah wajah Anda akan mengalami alergi atau rusak, seperti munculnya jerawat dimana-mana. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa saja tanda-tanda alergi kosmetik, hal ini untuk membantu Anda mengetahui apakah kulit Anda alergi terhadap kosmetik yang Anda pakai atau tidak ? Berikut adalah tanda-tanda alergi kosmetik yang umum terjadi, yaitu antara lain :

>> Kulit Kemerahan

Ini adalah tanda umum yang bisa kita ketahui dengan cepat jika kita alergi terhadap kosmetik yang kita pakai. Biasanya tanda kemerahan pada kulit ini disertai rasa gatal dan rasa panas seperti terbakar dan hal ini terjadi sebaiknya segera hentikan pemakain dan segeralah cuci wajah Anda dengan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa kosmetik yang masih melekat. Penyebab kulit kemerahan yang disertai rasa gatal dan panas ini bisa jadi karena kulit Anda alergi terhadap kandungan bahan yang terdapat dalam kosmetik tersebut atau bisa jadi kosmetik tersebut mengandung bahan-bahan yang memang berbahaya untuk kulit wajah. Oleh sebab itu jika membeli kosmetik sebaiknya pilihlah kosmetik yang tepat untuk kulit wajah Anda.

>> Pembekakan Kulit

Pembekakan pada kulit atau kulit bengkak ini tejadi jika kita mengalami alergi kosmetik yang kita pakai disekitar kelopak mata, misalnya eyeliner atau eyeshadow dan lainnya yang penggunaannya disekitar kelopak mata. Karena itu biasanya pembekakan memang terjadi disekitar kulit mata, meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi juga pembengkakan pada kulit lainnya karena produk kosmetik tertentu yang digunakan. 

>> Masalah didaerah Mata

Masalah didaerah mata ini biasanya timbul akibat alergi terhadap maskara atau eyeliner dan jenis kosmetik lainnya yang digunakan disekitar mata. Selain terjadi pembengkakan kulit disekitar mata, alergi kosmetik ini juga bisa menyebabkan masalah pada mata Anda, misalnya gatal pada mata, sering mengeluarkan air mata tanpa sebab, kulit tersa tebal pada kelopak mata, mata kemerahan dan pada kondisi tertentu bisanya peka terhadap sinar lampu yang mengakibatkan pusing atau sakit kepala. Dan itu biasanya banyak orang yang tidak menyadarinya kalau mereka sedang terkena alergi terhadap kosmetik yang mereka pakai.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengetahui tanda-tanda alergi kosmetik secara langsung. Oleh sebab itu sebaiknya teliti dahulu sebelum membeli. jangan terpengaruh merk, teman atau cuma ingin coba-coba, hanya karena ingin tampil cantik secara instan, karena akan fatal akibatnya. Hal-hal yang perlu dilakukan jika Anda mengalami tanda-tanda alergi terhadap kosmetik adalah hentikan pemakaian dan sebaiknya hindari menggosok, menggaruk wajah serta mencucinya dengan sabun scrub atau lulur wajah pada kulit yang sedang alergi karena bisa menyebabkan infeksi. Serta yang terpenting adalah jangan membeli produk kosmetik yang menawarkan harga murah dengan hasil cepat karena itu merupakan indikasi kosmetik yang abal-abal. Jika alergi kosmetik tidak kunjung sembuh dan semakin parah segera periksakan ke dokter agar kulit Anda terselamatkan dan Anda tetap cantik dengan pemilihan kosmetik yang tepat dan tentunya.

 

@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...