Manfaat dan Dampak Negatif Buah Durian

Manfaat dan Dampak Negatif Buah Durian. Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia tenggara durian dan nama tersebut sekaligus dipakai sebagai nama buahnya. Durian biasa disebut dengan King Of fruit atau Rajanya buah. Meskipun banyak orang yang menyukainya tetapi banyak juga orang yang tidak menyukainya karena aromanya yang sangat tajam dan menyengat bahkan ada yang merasakan pusing jika tercium aroma buah durian. Bagi orang-orang yang menyukainya, buah durian adalah buah yang sangat lezat dengan aroma yang sangat harum. Dan ternyata buah durian adalah salah satu makanan sehat yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, meskipun ada dampak negatifnya bagi orang-orang yang memang berpantang makan durian karena menderita penyakit tertentu. Kalau bagi orang yang bertubuh sehat tentu tidak masalah jika mengkonsumsi durian asal tidak berlebihan, karena akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh

Buah durian memang sangatlah bergizi, diantaranya mengandung vitamin B, C, E, zat besi, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, asam folat, magnesium, potasium/kalium, zinc, mangaan, karoten, tembaga, niacin, thiamin dan riboflavin. Durian juga mengandung gula yang cukup banyak, oleh sebab itu bagi penderita diabetes melitus sebaiknya menghindari buah yang satu ini karena akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita jantung serta penderita darah tinggi sebaiknya juga menghindarinya, karena durian juga mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Kalaupun makan hannya sekedarnya dan tidak berlebihan tentu tidak akan menjadi masalah. Buah durian juga bersifat panas seperti halnya makanan tape oleh sebab itu sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsinya.

Sebenarnya manfaat buah durian lebih banyak dari pada negatifnya, tetapi karena persepsi dimasyarakat terlanjur terbentuk bahwa dibalik kelezatan buah durian akan ada efek negatifnya. Meskipun itu tidak sepenuhnya salah, kalaupun kebanyakan memang akan jadi penyakit. Tetapi jika kita makan sewajarnya, kemungkinan itu sangat kecil. Bahkan malah akan membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantara manfaat buah durian adalah sebagai berikut :

>> Durian berfungsi sebagai pembersih darah

>> Dapat mengatsi anemia karena mengandung asam folat dan zat besi

>> Dapat menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan

>> Mengobati penyakit ruam pada kulit ( kurap )

>> Dapat mengobati penyakit kuning

>> Dapat mengurangi stress dan depresi karenan kandungan vitamin B6

>> Baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fosfor

>> Bisa meningkatkan nafsu makan karena kandungan niasin

>> Bisa membantu mengatasi migrain karena kandungan vitamin B2

>> bisa menstabilkan gula dalam darah karena kandungan mangaan

Dari manfaat buah durian diatas masih banyak manfaat lainnya baik itu dari akar dan ekstrak kulit buah durian itu sendiri. Oleh sebab itu makanLAH  buah durian secukupnya karena akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, demikian juga sebaliknya jika terlalu banyak mengkonsumsinya atau belebihan maka hanya dampak negatif yang akan didapat. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. BE HEALTHY BE HAPPY…!!!!!

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...