Manfaat dan Khasiat Buah Juwet

Manfaat dan Khasiat Buah Juwet. Buah juwet atau buah jamblang yang dalam bahasa latinnya Syzygium Cumini merupakan salah satu buah dari suku jambu-jambuan. Pada tiap-tiap daerah nama buah ini berbeda-beda dalam penyebutannya, ada yang menyebut buah duwet, jambu keling, jambu kaliong, dhuwek dll. Kebetulan ditempat saya biasa disebut dengan nama buah juwet. Buah juwet sekarang ini sudah jarang kita temui atau bahkan anak-anak jaman sekarang tidak mengenal sama sekali. Hal ini dikarenakan banyaknya buah impor yang penampilannya lebih menggiurkan. Tetapi jangan salah buah yang mungkin sudah dianggap jadul ini ternyata mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita, meskipun mungkin banyak orang yang melihatnya sebelah mata.

buah juwet Buah juwet juga dikenal dinegara tetangga kita yaitu Filipina, Malaysia bahkan Inggris. Buah ini mempunyai pohon yang   berkayu dan kokoh serta besar, oleh sebab itu sudah jarang orang yang menanamnya karena mungkin terlalu makan tempat apalagi diperkotaan jangan harap ada orang yang menanamnya. Buah juwet sekilas mirip dengan buah anggur tetapi reltif lebih besar. Kalau masih muda buah juwet ini berwarna merah muda, tapi kalau sudah tua berwarna merah keunguan. Rasa buah juwet ini agak masam memang, untuk mengurangi rasa asam ini biasanya cara makannya ditaburi garam lalu dikocok biar sedikit lunak lalu dimakan, rasanya hmmm.. enak dan segar. Bukan hanya itu ternyata kandungan vitamin A dan C yang ada pada buah juwet ini sangat besar. Selain buahnya, daun, biji dan kulit batangnya juga mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Menurut sebuah penelitian di India ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan buah, biji, daun dan kulit batang buah juwet.Buah juwet bersifat sejuk, aromatik dan bersifat astringen kuat. Buah juwet juga mengandung minyak atsiri, jambosin, asam organik, triterpenoid dan resin yang mengandung asam elagat serta tanin. Berikut beberapa manfaat dan khasiat biji, buah, daun dan kulit batang buah juwet ;

  • Biji; bisa mengobati strikhnina ( sejenis penawar racun yang spesifik ), serta mengobati keluhan pada limpa.
  • Buah; berpotensi sebagai alat kontrasepsi pada pria
  • Biji, menurunkan gula darah dalam 24 jam dan hal ini bagus bagi penderita diabetes
  • Megobati diare
  • Mengurangi resiko kerusakan jantung dan hati
  • Menurunkan kejadian kanker lambung
  • Mengobati penyakit epilepsi

Mungkin saat ini sudah sulit untuk mendapatkan buah juwet, tapi jika Anda tingga dipedesaan atau dikampung pasti bisa menemukannya. Karena sayang sekali dengan manfaat dan khasiat buah juwet yang begitu besar tapi tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh sebab itu Anda sangat beruntung jika Anda bisa menemukannya atau bahkan punya pohon juwet sendiri. Jadi tunggu apalagi ??? Mari kita berburu buah juwet yang memang sangat berguna bagi kesehatan. Siapa bilang sehat itu mahal, dengan buah juwet kita bisa tetep sehat tanpa harus bikin kantong jebol bukan ????

 

>>>> Be Healthy Be Happy <<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan