Manfaat dan Khasiat Kangkung bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kangkung bagi Kesehatan. Kangkung merupakan tumbuhan yang masuk dalam jenis kangkung sayur-sayuran. Kangkung pada umumnya hidup dikawasan berair dan kita dapat dengan mudah menemuinya dimana-mana, meskipun saat ini sudah banyak para petani yang memang membudidayakannya. Harga jual dari kangkung sangatlah murah jika dibanding dengan manfaat dan khasiat yang kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita. Mungkin banyak yang tidak mengetahui akan hal ini, sehingga banyak orang yang menyepelekan sayur yang namanya kangkung ini. Tetapi jika Anda sudah mengetahui manfaat dan khasiat kangkung bagi kesehatan kita, tentu Anda akan sangat mengagumi bahkan mungkin Anda akan sering mengkonsumsi kangkung dibanding sayur lainnya.

Kebanyakan orang terutama para ibu mungkin mengenal manfaat kangkung sebatas untuk melancarkan sembelit, karena kangkung memang mengandung banyak serat. Padahal sebenarnya masih banyak manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan kita. Kangkung biasanya dijadikan tumis kangkung atau oseng kangkung, untuk mnegtahui resep tumis kangkung special silahkan KLIK DISINI. Meskipun begitu kangkung bisa dimakan sebagai lalapan jika Anda memang menyukainya atau dimasak lainnya, tergantung masing-masing daerah bagaimana kangkung bisa diolah untuk dijadikan sebuah masakan yang menggugah selera, misalnya didaerah Lombok terkenal dengan plecing kangkung sedang di Jawa timur kangkung biasanya dijadikan sayur pelengkap rujak cingur atau rujak petis. Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat dan khasiat kangkung bagi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber, antara lain ;

  1. Mengatasi sembelit ; Untuk manfaat yang satu ini pasti sudah banyak yang mengetahuinya, karena kangkung memang mengandung banyak serat dan itu sangat bagus buat pencernaan sehingga bisa mengatasi sembelit.
  2. Mengatasi gusi bengkak ; Banyak sekali orang yang mengeluhkan gusi bengkak dan bingung harus bagaimana jika itu tiba-tiba terjadi dan rasanya sangat sakit. Untuk mengatasinya Anda cukup mengambil 200 gram akar kangkung, cuci bersih lalu masak dengan 200cc air dan tambahkan 200 cc cuka. Gunakan air rebusan tadi untuk berkumur, lakukan dengan rutin hingga sembuh.
  3. Mengurangi nyeri haid ; Caranya siapkan 1/2 kg kangkung, bersihkan lalu haluskan dan tambahkan dengan 1/2 gelas air. Kemudian saring dan campur dengan 1-2 sendok makan madu dan minum.
  4. Mengatasi insomnia ; Jika Anda penderita insomnia, mungkin dengan cara mengkonsumsi daun kangkung ( tanpa batang ) yang ditumis bisa mengatasi insomnia Anda.
  5. Mengobati mimisan ; Caranya ambil seikat daun kangkung, bersihkan lalu haluskan. Kemudian seduh dengan satu gelas air panas tambahkan sedikit gula atau madu, lalu saring dan minum sebanyak 2 kali sehari hingga mimisan sembuh.
  6. Melancarkan buang air kecil ; Caranya rebus segenggam akar kangkung dengan 2 gelas air hingga sisa setengahnya, lalu saring dan minum 1 kali sehari.
  7. Mengatasi sakit kepala ; Caranya rebus seikat daun kangkung dengan 2 gelas air hingga sisa setengah, kemudian saring dan minum hasil rebusan tadi, lakukan secara rutin hingga sakit kepala Anda berkurang.

Sehat memang mahal harganya jika kita tidak bisa menjaganya, tapi dengan mengetahui manfaat dan khasiat kangkung bagi kesehatan, tentu hal ini bisa menjadi contoh kecil untuk memanfaatkan hal-hal kecil disekitar kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita, yang tentunya harganya juga tidak mahal bukan..!! Selain manfaat diatas kangkung juga bisa mengatasi ketombe dan juga kulit kapalan. Untuk mengatasi ketombe cukup dengan keramas dengan rendaman daun kangkung, sedangkan untuk kulit kapalan cukup dengan mengoleskan getah kangkung secara rutin pada kulit yang kapalan. Setelah mengetahui manfaat dan khasiat kangkung bagi kesehatan semoga Anda tidak meremehkan sayur yang harganya cukup murah ini dan Anda tidak ragu lagi untuk menjadikannya sebagai menu favorit keluarga Anda.

 

@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...