Tips dan Triks - Cara Sukses membuat Rempeyek

Tips dan Triks – Cara Sukses membuat Rempeyek. Rempeyek adalah makanan ringan yang sangat disukai peyek banyak orang, tentunya setelah krupuk. Rempeyek punya cita rasa gurih dengan berbagai toping diatasnya. Biasanya rempeyek jadi makanan pelengkap pada menu-menu tertentu, khususnya pecel. Sekali orang makan rempeyek pasti susah untuk berhenti kalau belum habis. Para penggemar rempeyek juga macam-macam, ada yang suka rempeyek tipis dan ada yang suka rempeyek tebal. Kalau soal toping mereka tentu menyesuaikan.

 

Banyak orang yang mengeluh karena gagal membuat rempeyek. Memang kalau tidak mengerti triksnya akan gagal dalam membuat dalam membuatnya. Tapi kalau sudah mengerti triksnya pasti akan sukses membuat rempeyek seperti harapan kita. Berikut Tips dan Triks membuat rempeyek.

REMPEYEK TIPIS

**Kunci utama membuat rempeyek tipis

>> Adonan harus encer

Sebagai pembuat rempeyek pemula biasanya merasa tidak percaya, bahwa rempeyek dibuat dari adonan yang sangat encer. Karena mereka berpikir kalau terlalu encer rempeyek tidak akan jadi, maka mereka menambahkan tepung beras atau tepung sagu lagi.

>> Padahal masalahnya tidak demikian. Rempeyek bisa tipis justru karena dibuat dari adonan yang encer dan ringan.

**Cara menuang adonan yang benar

Menuang adonan rempeyek kedalam wajan tidak boleh sembarangan. Karena jika salah maka rempeyek akan berentakan. Caranya, tuang adonan dipinggir wajan dan biarkan adonan mengalir dipinggir wajan. Hal itu dilakukan agar rempeyek menjadi tipis. Bila dituang kedalam minyak  maka adonan itu akan berantakan dan menjadi butiran-butiran seperti kremesan. Untuk melekatkan topingnya tidak perlu dicampur dengan adonan, cukup tata diatas adonan yang sudah disiramkan ke wajan. Kemudian siram-siram adonan tadi dengan minyak yang ada diwajan tersebut sampai rempeyek lepas dari pinggir wajan. Setelah itu goreng hingga matang kecoklatan.

 

REMPEYEK TEBAL

Mungkin banyak orang mengira bahwa rempeyek tebal dibuat dengan adonan yang kental. Padahal tidak demikian, karena rempeyek tebal pun dibuat dengan adonan yang encer juga. Tetapi yang beda adalah cara penggorengannya. Perhatikan hal-hal berikut ini :

- Gunakan wajan cekung

- Isi dengan sedikit minyak

- Tuang adonan rempeyek sebesar minyaknya

- Tata toping diatasnya

-  Biarkan berkulit dibagian bawahnya

- Geser ke pinggir wajan, biarkan dalam posisi miring supaya adona mengalir kebawah dan menipis, angkat

- Goreng kembali didalam minyak dengan api kecil sampai matang

 

TIPS KHUSUS

Khusus untuk rempeyek kacang, perhatikan hal berikut :

- Rempeyek kacang tanah, panggang atau sangrai dulu kacang hingga 3/4 matang supaya kacang matang dan renyah.

- Rempeyek kacang hijau, kedelai dan kacang tolo, rendam dulu kacang semalaman.

- Rempeyek Udang, jangan kupas kulitnya supaya udang tidak jadi keras.

Semoga tips dan triks ini bermanfaat dan membuat rempeyek jadi lebih menyenangkan karena hasilnya sesuia dengan harapan anda. SELAMAT MENCOBA..!!

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...