Tips dan Triks Mencegah Rambut Rontok

Tips dan Triks Mencegah Rambut Rontok. Rambut rontok bisa menyebabkan rambut tipis atau bahkan bisa sampai Rambut Rontok botak. Menurut sebuah penelitian bahwa rambut yang sehat, rata-rata setiap harinya kehilangan sekitar 50 helai rambut, karena rontok. Faktanya setiap rambut yang rontok tadi akan berganti menjadi helai-helai rambut baru lagi dan keadaan ini sudah merupakan proses alami rambut. Yang disebut rambut rontok disini adalah helai-helai rambut berikut akar rambutnya berjatuhan, yang jumlahnya sekitar 50-100 helai rambut setiap harinya. Memang kadang kita selalu mengira bahwa rambut  yang tiap hari berjatuhan dari kepala kita adalah rambut rontok, padahal bisa jadi itu adalah rambut patah. Agar rambut kita tetap terjaga kita harus punya tips dan trik mencegah rambut menjadi rontok.

Untuk membedakan rambut rontok dan rambut patah adalah dengan melihat ujung rambutnya, jika rambut itu ujungnya terlihat warna putih (terlihat akarnya) maka rambut itu rontok dan akan tumbuh kembali. Tetapi apabila rambut tersebut ujungnya tidak terdapat warna putih, berarti rambut itu patah. Rambut rontok biasanya disebabkan oleh penyakit lupus, tipus, liver, demam tinggi, kelainan hormonal, pasca menopause, gizi tidak seimbang serta stress. Sedangkan Berjilbab tidak menyebabkan rambut rontok, karena banyak wanita berfikir bahwa menggunakan jilbab bisa menyebabkan rambut rusak dan rontok. Padahal hal itu tidak benar, karena sebuah riset membuktikan 99,99 persen kerontokan rambut disebabkan oleh faktor genetik /keturunan. Untuk itu berikut cara atau tips dan triks mencegah rambut rontok :

  • Rambut yang masih basah, jangan disisir. Biarkan dulu rambut kering secara alami.
  • Sisir rambut 2-3 kali sehari, gunakan sisir bergigi jarang untuk memperlancar peredaran darah dikulit kepala.
  • Gunakan hair dryer dengan temperatur rendah. Jarak hair dryer dengan rambut 10-15cm.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang atau menutup rambut terlalu rapat/ketat.
  • Jika Anda menggunakan jilbab, pastikan rambut sudah kering, karena jika rambut basah dan ditutup kerudung bisa menyebabkan kepala pusing.
  • Pilihlah model rambut yang praktis dan membuat Anda nyaman saat berkerudung/berjilbab.
  • Sebaiknya sering-seringlah mengurai rambut Anda ketika berada dirumah atau dalam keadaan santai.
  • Jika Anda berjilbab sebaiknya gunakan bahan kerudung yang menyerap keringat untuk pemakaian sehari-hari seperti dari kain kaos, katun dan linen. Gantilah kerudung setiap hari.
  • Pilihlah shampo yang tepat, yang sesuai dengan jenis rambut dan jenis kulit kepala.
  • Cuci rambut secara teratur dua hingga tiga hari sekali.
  • Lakukan creambath seminggu sekali untuk memberikan nutrisi pada rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat. Pilihlah krim creambath yang sesuai dengan jenis rambut.
  • Rawatlah rambut dengan masker rambut seminggu sekali. Gunanya adalah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut.
  • Makanlah buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C untuk meregenerasi sel-sel rambut dan kulit kepala. Misalnya buah jeruk, kiwi, strowberi, tomat dan paprika serta minum air putih yang cukup.

Selain berbagai macam penyakit diatas yang bisa menyebabkan rambuk rontok, ada juga berbagai sebab lainnya contohnya adalah penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi juga akan menyebabkan rambut rontok. Kehamilan dan pasca melahirkan juga bisa menyebabkan rambut rontok dan biasanya rambut tidak rontok lagi setelah enam sampai 18 bulan setelah melahirkan. Oleh sebab itu jika Anda ingin rambut Anda tetap terawat dan sehat cobalah beberapa tips dan triks mencegah rambut rontok diatas yach…siapa tahu bisa menjadi solusi masalah rambut rontok Anda..!!!

@@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...