Tips agar Anak Senang Belajar di Rumah

Tips agar Anak Senang Belajar di Rumah. Mungkin banyak orang tua yang mengeluh bahwa anaknya sangat sulit  belajar kalau disuruh belajar dirumah, tentunya dengan berbagai alasan yang mereka kemukakan. Namun yang menjadi pertanyaan bagi orang tua adalah bagaimana caranya agar anak-anak mereka senang belajar di rumah??? Sebenarnya banyak hal atau faktor yang bisa membuat anak merasa senang belajar dirumah tanpa ada paksaan, tetapi tentu saja hal tersebut diperlukan peranan dari orang tua agar bisa terwujud.
Kadang orang tua merasa bingung bagaimana caranya agar anak senang belajar di rumah. Belajar mungkin sangat membosankan bagi sebagian anak-anak, biasanya hal itu disebabkan oleh cara belajar itu sendiri. Rasa senang memang tidak bisa dipaksakan, tetapi harus ditumbuhkan, dipupuk dan dirawat dengan hati-hati dirumah. Apabila anak-anak sudah menyukai yang namanya belajar, tentu mereka akan dengan senang hati melakukannya tanpa dipaksa oleh orang lain. Berikut tips agar anak senang belajar di rumah, diantaranya :
1. Pelajari tahap-tahap perkembangan anak
Kita sebagai orang tua harus mengetahui tahap-tahap perkembangan anak kita. Dengan begitu kita bisa membuat cara agar anak menyukai belajar,  misalnya cara apa yang disukai atau kapan waktu yang tepat yang bisa digunakan untuk belajar. Jangan sampai waktu istirahat atau bermain anak kita pakai untuk belajar. Alangkah baiknya sebelum belajar kita diskusikan dulu dengan anak kapan waktu belajar yang tepat.
2. Atur belajar sesuai kebutuhan anak
maksudnya disini adalah tentang usia anak yang memang harus dipilah-pilah cara belajar maupun waktu belajarnya, misalnya anak usia pra sekolah sampai Tk, usia 7-11 tahun hingga 11 tahun keatas masing-masing harus dibedakan cara belajarnya sesuai dengan usianya. Dengan begitu diharapkan anak bisa lebih menyukai belajar.
3. Respon setiap pertanyaan anak
Pertanyaan adalah salah satu tanda adanya rasa ingin tahu. Jangan matikan rasa ingin tahu anak, dengan mengabaikan pertanyaan mereka. Jawablah pertanyaan dengan jawaban yang sesuai dengan usia mereka.
4. Apresiasi proses belajar anak
Apapun yang dilakukan anak - terutama yang masih kecil ( usia pra sekolah-tk ) - dalam proses belajar, berilah perhatian positif. Misalnya anak mencorat-coret tempat yang tidak seharusnya, kita tidak boleh marah kepadanya, tetapi arahkan untuk menulis dikertas. Tentu dengan kata-kata yang lembut yang bisa membuat anak dengan suka rela menulis dikertas tanpa adanya paksaan dari orang tua.
5. Jadilah teman diskusi yang menyenangkan
Semakin besar usia anak, sebaiknya orang tua juga berusaha untuk menjadi teman diskusi yang menyenangkan yaitu teman yang siap diajak bicara kapan saja saat dia membutuhkan dan bisa membuat anak merasa nyaman saat mengungkapkan gagasannya.
6. Biasakan belajar dirumah secara teratur
Yaitu belajar pada jam yang tetap setiap hari. Saat belajar minimal anak mengulang pelajaran disekolah dan mempersiapkan pelajaran esok. Pembiasaan belajar sebaiknya tidak dilakukan secara mendadak/drastis, jika sebelumnya anak belum punya kebiasaan belajar. Apabila anak yang bersekolah full day school sebaiknya tidak dituntut belajar lagi, cukup mengingatkan kembali pelajaran yang tadi dengan memberikan beberapa pertanyaan.
7. Samakan metode belajar di rumah dan sekolah
Sebaiknya antara ayah dan ibu perlu menjalin kekompakan dalam pola asuh. Ini untuk memudahkan metode belajar ( sesuai kecenderungan anak ). Orang tua perlu mencari sekolah yang menerapkan metode belajar yang sejalan, orang tua harus sepakat untuk menyamakan metode belajar disekolah untuk diterapkan di rumah. 
Memang tidak mudah untuk membuat anak senang belajar di rumah, dengan berbagai godaan bermain dan nonton TV serta mengantuk biasanya menjadi alasan yang selalu mereka gunakan. Sebaiknya ciptakan suasana yang nyaman saat waktu belajar tiba, matikan televisi dan segala sesuatu yang bisa mengganggu konsentrasi belajar anak. Dengan peranan orang tua yang konsisten dalam membimbing anak saat belajar, kemungkinan anak senang belajar dirumah akan terwujud.
>>>>> SEMOGA BERMANFAAT <<<<<
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...