Manfaat dan Khasiat Lobak bagi kesehatan

Manfaat dan Khasiat Lobak bagi kesehatan. Lobak adalah sejenis sayuran umbi-umbian seperti wortel, lobak tetapi isi dan warna kulitnya berwarna putih. Di kuliner nusantara mungkin lobak tidak begitu populer, paling hanya sebagai pelengkap soto bandung atau dijadikan acar untuk pendamping makan mi rica-rica dimasakan manado. Lobak lebih populer dinegara korea dan cina karena disana lobak bisa disulap menjadi berbagai menu masakan. Seperti sayuran pada umumnya yang memang mempunyai kandungan nutrisi, lobak juga lobak mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita.

Lobak berasal dari Cina dan bisa ditanam didataran rendah ataupun dataran tinggi, sedangkan di Indonesia saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah didaerah cipanas dan bedugul. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari lobak adalah mengobati insomnia. Gejala sulit tidur saat ini memang sudah menjamur, hal ini disebabkan oleh banyak faktor yaitu diantaranya karena tekanan ekonomi, tekanan pekerjaan serta segala sesuatu yang memang membutuhkan waktu yang cepat dan instan. Apalagi jika kita tinggal didaerah perkotaan, karena waktu tidur malah tidak bisa dimanfaatkan sama sekali akibatnya banyak orang yang mengidap insomnia.

Manfaat dan khasiat lobak tidak hanya untuk insomnia saja tetapi masih banyak manfaat lainnya, berikut manfaat dan khasiat lobak bagi kesehatan yaitu :

>> Mengobati Insomnia

Anda yang terkena insomnia boleh mencoba mengkonsumsi lobak sebagai terapi, karena lobak mengandung zat alkoloid yang bermanfaat meredakan ketegangan syaraf. Jika syaraf sudah rileks maka kemungkinan akan memudahkan anda untuk tidur lebih nyenyak. Lobak juga sering disebut tanaman anti insomnia, hipnotis dan saporifis ( memudahkan tidur ). Cara nya mudah yaitu lobak dipotong-potong lalu dibuat jus yang dicampur dengan dengan perasan jeruk nipis. Minum secara teratur menjelang tidur hingga insomnia anda berkurang.

>> Mengontrol Kelebihan Berat Badan

Kandungan air dan serat dalam umbi lobak mampu mengontrol kelebihan berat badan, karena serat dan cairan lobak akan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga keinginan makan dapat dicegah atau setidaknya keinginan untuk makan bisa bisa berkurang.

>> Melancarkan Buang air kecil

Kandungan zat yang ada dalam lobak juga bisa melancarkan buang air kecil karena lobak punya manfaat diuretik, selain melancarkan buang air kecil juga membersihkan saluran kencing.

>> Melancarkan Tenggorokan

Lobak bagus dikonsumsi bagi pengidap bronkitis atau batuk, karena lobak memiliki kandungan yang bisa melancarkan tenggorokan. Selain itu lobak juga mengandung antibakteri dan antiseptik yang mampu meredakan demam, flu atau batuk.

Bagaimana apakah anda juga salah satu penderita insomnia ? Oleh sebab itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi lobak, agar bisa mengurangi insomnia anda. Disamping manfaat diatas lobak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes, hal ini dikarenakan lobak memiliki indeks glikemik rendah sehingga lobak tidak menyebabkan peningkatan gula darah setelah makan dan itu baik bagi anda yang menghindari gula. Bagi anda yang ingin hidup sehat cobalah dari sekarang mengkonsumsi lobak agar kesehatan anda tetap terjaga. Semoga bermanfaat……!!!!

>>>>> BE HEALTHY BE HAPPY <<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan