Tips dan Triks Membuat Kukis Renyah

Tips dan Triks Membuat Kukis Renyah. Kukis atau biasa disebut dengan kue kering adalah sajian khas pada kukis moment special seperti pada saat lebaran, hari natal atau acara lainnya. Dan rasanya memang tidak lengkap bila acara-acara tersebut tanpa kukis atau kue kering ini. Kelebihan kukis ini adalah salah satu sajian yang tahan lama, biasanya kukis ini bisa bertahan sekitar 1-3 bulan. Kukis ini juga banyak sekali variasinya, cara membuatnya juga terbilang mudah asalkan kita mengetahui tips dan triks membuatnya. Oleh sebab itu banyak sekali para ibu yang suka membuat kukis sendiri dirumah baik itu hanya untuk suguhan dirumah maupun dijadikan sebagai bisnis yang memang sangat menjanjikan.

Sebelum kita membahas tips dan triks membuat kukis renyah, sebaiknya kita bahas dulu jenis-jenis kukis. Mungkin dari sebagian orang sudah mengenal berbagai macam jenis kukis yang ada dipasaran, namun bagi anda yang belum mengenal perbedaan jenis kukis, berikut ini adalah jenis kukis yang digolongkan menjadi 5 jenis, yaitu :

>> KUKIS SEMPRIT

Kukis ini juga disebut dengan kukis semprot, karena memang cara membuatnya menggunakan piping bag yang diberi spuit aneka bentuk sesuai keinginan sipembuat yang kemudian disemprotkan diatas loyang. Sebenarnya kukis jenis sudah ada sejak lama namun seiring berkembangnya waktu, kukis semprit ini dikombinasikan dalam berbagai macam bentuk dan topping.

>> KUKIS DROP

Kukis  drop ini artinya kukis yang dibuat dengan cara dijatuhkan saja, tidak perlu dicetak dengan berbagai bentuk. Cukup dijatuhkan saja diatas loyang yang sudah dioles margarin. Biasanya pembuatan kukis drop ini cukup dengan bantuan sendok, baik sendok teh atau sendok makan diatas loyang.

>> KUKIS BANGKET

Kukis ini adalah kukis yang paling banyak digemari orang, karena cara membuatnya sangat mudah yaitu adonan ditipiskan setebal 0.5 cm setelah itu dari lembaran adonan inilah anda bisa mencetaknya dengan berbagai macam bentuk dari aneka macam cetakan yang memang banyak variasinya. Agar supaya kukis bangket ini lebih menarik anda bisa memberi topping diatasnya baik itu sebelum dipanggang ataupun sesudah dipanggang.

>> KUKIS ISI / NASTAR

Kukis isi atau yang lebih dikenal dengan kue nastar ini adalah kukis yang memang didalamnya diisi dengan berbagai macam isian sperti selai nanas, abon, selai strobery, kacang, keju dan sebagainya. Tapi yang perlu diperhatikan sebaiknya isian dari kukis ini harus kering agar kulit adonan dapat dibentuk dan tidak pecah saat dipanggang.

>> KUKIS POTONG

Sesuai namanya jenis kukis ini menggunakan tehnik potong. Untuk memudahkan pemotongan serta menghasilkan kukis yang cantik, biasanya adonan dimasukkan dalm lemari pendingin sekitar 20 menit sebelum dipotong.

Setelah anda mengenal jenis-jenis kukis selanjutnya anda bisa memilih jenis kukis mana yang akan anda buat. Untuk itu agar kukis atau kue kering anda renyah, lezat dan cantik berikut tips dan trik membuat kukis renyah :

>> Sebaiknya ayak dahulu terigu beserta bahan kering lainnya. Hal ini akan membuat adonan menjadi rata dan bebas dari kotoran dan menghindari adanya penggumpalan bahan.

>> Jangan mengocok adonan terlalu lama, karena bisa menyebabkan adonan terlalu mengembang yang berakibat pada hasil kukis yang berbeda dengan bentuk adonan pada saat kita membentuknya.

>> Sebaiknya saat mencampur bahan menggunakan sendok kayu atau spatula, usahakan sekecil mungkin mengaduknya mengunakan tangan atau mixer karena suhu badan dan panas mixer akan berpengaruh pada tekstur adonan. Jika adonan panas maka akan mudah pecah saat dibentuk terutama pada kukis isi atau nastar.

>> Untuk kukis semprit usahakan adonan tidak terlalu keras karena akan menyulitkan saat menyemprotkan adonan.

>> Untuk pengolesan loyang cukup pada saat pertama saja yaitu pada awal pemanggangan, karena jika terlalu banyak olesan akan membuat bagian bawah kukis menjadi keras dan menebal.

>> Untuk membuat kukis renyah dalam waktu yang lama, pastikan bahwa kukis matang dengan sempurna dan dinginkan dahulu sebelum disimpan dalam wadah tertutup. Karena jika mengemas kukis dalam keadaan panas maka uap air nya akan menghilangkan kerenyahan kukis.

@@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...