Pengertian Kista dan Cara Pencegahannya

Pengertian Kista dan Cara Pencegahannya. Kista adalah salah satu penyakit yang yang tidak asing lagi bagi  kista ovarium kaum wanita. Kista memang salah satu jenis penyakit yang banyak sekali menyerang kaum hawa, mungkin karena struktur tubuh wanita yang sangat komplek dibanding dengan kaum pria. Kista adalah penyakit yang menyerang organ reproduksi yang menjadi salah satu organ vital bagi kaum wanita. Kista bisa berbentuk kistik dan ada pula yang berbentuk anggur dan didalamnya berisi cairan, cairantersebut bisa berupa cairan kental, nanah, udara dan lain sebagainya.

Kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput jaringan dan kumpulan sel-sel tumor tersebut terpisah dengan jaringan normal disekitarnya dan tidak dapat menyebar kebagian tubuh lainnya. Sebab itulah tumor jinak seperti kista bisa diatasi dengan cara pembedahan dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya. Kista adalah tumor yang berupa kantong yang berisi cairan. Organ reproduksi wanita yang bisa terserang kista adalah ovarium dan biasa disebut dengan kista ovarium. Kista ovarium juga mempunyai beragam jenis, tergantung dari jaringan yang membenntuknya dan cairan yang ada didalam kista itu sendiri.

Penyebab kista sangatlah bervariasi, tetapi yang paling banyak disebabkan oleh pertumbuhan folikel pada indung telur yang berubah menjadi kista folikel. Folikel adalah kantong yang berisi cairan dalam jumlah normal ( tidak berlebihan ) dan mengandung sel telur. Kista folikel terbentuk apabila pada siklus haid, folikel tumbuh lebih besar dari biasanya dan sel telur tidak bisa keluar dari indung telur ( tidak bisa ovulasi ). Kista adalah jenis tumor yang kejadiannya cukup tinggi pada alat reprodusi dan kista ini bisa mengganggu proses reproduksi untuk terjadinya kehamilan.

Biasanya kaum wanita yang sudah terkena kista tidak menyadari kalau dia sudah terkena kista, karena memang gejala kista tidak terus menerus dirasakan. Tetapi secara umum wanita yang menderita kista biasanya merasakan sakit diperut bagian bawah serta akan mengalami sakit yang luar biasa saat masa haid datang. Rasa nyeri timbul akibat membesarnya kista dan peregangan jaringan disekitarnya, karena kista yang membesar dapat menimbulkan penekanan atau pergeseran pada organ disekitarnya. Kista pada umumnya bisa diketahui dengan cara pemeriksaan USG, atau pemeriksaan dibagian perut bagian bawah. Pada beberapa wanita kista bisa terbentuk lebih dari satu, yaitu pada kasus Sindroma Polikistik Ovarium, kedua ovarium dapat memiliki beberapa kista. Hal ini terjadi karena faktor hormonal dan ini bisa menjadi penyebab utama kemandulan pada wanita.

Pada dasarnya ada kista yang bisa dicegah ada pula yang tidak. Kista yang tidak bisaa dicegah adalah kista yang bersal dari sisa-sisa sel-sel embrional karena memang sudah ada sejak lahir, tetapi untuk kista lainnya masih bisa dicegah. cara yang paling mudah adlah menerapkan pola hidup sehat dan olah raga secara teratur. Berikut beberapa cara pencegahan agar terhindar dari kista antara lain :

kista ovarium 2 >> Perbanyak minum air putih

>> Hindari minuman yang berkafein dan beralkohol

>> Perbanyak konsumsi sayur dan buah

>> Mengatur asupan daging

>> Konsumsi makanan berkadar glukosa rendah ( biji-bijian dan kacang-kacangan )

>> Tidur secara teratur/istirahat cukup

Bagaimanapun masalah reproduksi pada wanita lebih rumit dibanding pria, oleh sebab itu kita sebagi kaum wanita harus peka tentang perubahan yang terjadi pada diri kita. Segera konsultasikan ke dokter jika terjadi hal-hal atau keluhan yang tidak biasa pada tubuh kita. Jangan sepelekan hal-hal yang mungkin kita anggap wajar karena akan berakibat pada hal-hal yang lebih besar. Selalu jaga kebersihan diri kita sendiri, jika bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya. Apabila anda sudah terlanjur terkena kista, jangan berkecil hati karena saat ini sudah banyak cara untuk mengatasi kista itu sendiri yang penting jangan menyerah dan jangan putus asa untuk memperoleh kesembuhan. Semoga Bermanfaat…!!!!

@@@@@ BE HEALTHY BE HAPPY @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...