Ciri-Ciri Anak Kreatif

Ciri-Ciri Anak Kreatif. Apakah anak anda termasuk anak yang kreatif..?? Bagi orang tua yang tidak mengerti, kadang kreatif anak yang kreatif dikira anak yang nakal. Karena anak kreatif selalu memiliki ciri-ciri prilaku yang cenderung tidak bisa diam, selalu ingin tahu sehingga apa saja yang di pegang nya menjadi suatu percobaan dari rasa ingin tahunya tersebut. Fatalnya apa saja yang dia pegang biasanya jadi berantakan. Anak kreatif adalah anak yang bisa mengembangkan kemampuan berpikirnya dengan baik.

 

Yang menjadi ciri-ciri umum anak kreatif adalah aktivitas dan mobilitas yang berlebih yang merupakan wujud dari kemampuan perpikirnya yang selalu ingin tahu dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Untuk jangka panjang anak kreatif ini akan mempunyai kemampuan banyak solusi dan ide dalam menghadapi suatu masalah, baik buat diri sendiri ataupun bagi orang lain. Agar lebih jelas berikut ciri-ciri anak kreatif :

1. Mempunyai rasa ingin tahu yang besar

2. Aktif, giat dan tanggap terhadap sebuah pertanyaan

3. Selalu terbuka terhadap hal-hal baru

4. Selalu ingin menemukan dan meneliti sesuatu

5. Senang jika diberi tugas yang sulit dan berat

6. Cenderung mencari jawaban yang luas dan berbeda dengan yang lain

6. Berdedikasi tinggi dan aktif dalam menjalankan tugas

7. Mempunyai kemampuan menganalisa sebuah masalah

8. berdaya imajinasi dan abtraksi yang baik

9. Punya rasa percaya diri yang tinggi dan mandiri

10. Mempunyai kemampuan mencari solusi dan gagasan dalam menyelesaikan masalah dengan baik

 

Oleh sebab itu sebagai orang tua harus mengenali dahulu ciri-ciri anak kreatif sebelum memvonis bahwa anak itu termasuk anak nakal karena prilakunya yang tidak bisa diam. Setelah mengetahui bahwa dia adalah anak kreatif, maka harus berusaha mengasah dan mengembangkan kemampuan si anak agar berhasil dan sukses dalam masa depan nya, agar supaya dia lebih siap menghadapi hidup yang  penuh dengan rintangan dan tantangan. Karena bimbingan orang tua adalah faktor terpenting dalam menumbuh kembangkan kemampuan dan kreativitas anak.

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...