Pengertian Panggul Sempit dan Permasalahannya

Pengertian Panggul Sempit dan Permasalahannya. Dimasyarakat mungkin istilah panggul sempit sudah tidak asing operasi lagi. Orang awam menilai orang yang kurus pasti pinggulnya sempit, demikian juga sebaliknya orang yang punya badan besar pasti panggulnya juga besar. Sebenarnya faktanya tidaklah demikian…!!  Pinggul atau dalam dunia kedokteran biasa disebut dengan panggul adalah terdiri dari bagian yang lunak yaitu berisi otot-otot dan bagian yang keras yaitu tulang. Sedangkan tulang-tulang itu sendiri terdiri dari 4 macam tulang, yaitu dua tulang paha, satu tulang selangkang dan satu tulang tungging.  Keempat tulang tadi akan membentuk suatu ruangan yang disebut dengan rongga panggul, yaitu tempat organ-organ reproduksi berada.

Istilah panggul sempit atau tidak, hal itu akan ditentukan oleh besar kecilnya rongga panggul yang terbentuk dari keempat tulang tersebut diatas. Jika seorang ibu memiliki rongga panggul kecil dan sempit biasanya sulit melahirkan secara normal dan persalinan biasanya akan dilakukan lewat operasi Caesar. Sedangkan untuk ibu yang mempunyai panggul besar akan bisa melahirkan secara normal. Tidak hanya panggul saja yang menentukan normal tidaknya suatu persalinan, tetapi ukuran kepala bayi juga menjadi salah satu faktor yang penting. Karena bayi yang mempunyai ukuran kepala besar yang bisa mengakibatkan kesulitan untuk melewati rongga panggul hingga bisa meningkatkan resiko lahir secara Caesar.

Untuk menentukan besar kecilnya panggul seseorang, apakah orang itu punya panggul sempit atau tidak yaitu perlu adanya pengukuran luas panggul, ada dua macam cara yaitu :

>> Pengukuran Luar , luas panggul akan diukur langsung dari belakang menggunakan jangka martin dan pita pengukur.

>> Pengukuran Dalam, pengukuran ini dilakukan dengan foto rontgen dan pemeriksaan dalam atau vaginal touch ( VT )

Wanita yang mempunyai panggul sempit memang secara otomatis akan mempunyai masalah pada saat wanita tersebut hamil. Berikut permasalahan yang diakibatkan oleh panggul sempit :

1. Persalinan Lama

Hal ini disebabkan oleh kepala janin tak bisa masuk ke rongga panggul. Selain itu juga janin bisa mengalami kelainan letak, seperti lintang dan sunsang yang bisa mempersulit persalinan.

2. Ketuban Pecah Terlebih Dulu

Apabila ketuban pecah terlebih dahulu sebelum kepala bayi masuk kedalam rongga panggul maka bisa berakibat terjepitnya tali pusat oleh kepala bayi yang bisa menyebabkan kematian.

3. Infeksi Pasca Persalinan

Akibat dari persalinan yang memakan waktu lama yang biasanya dialami oleh ibu yang punya panggul sempit, biasanya akan menimbulkan infeksi pasca bersalin.

4. Berakibat Kaki Bayi Lemah/Lumpuh

Karena kepala bayi terlalu lama berada dirongga panggul bisa menyebabkan terjepitnya saraf kaki di sekitar panggul dan ini bisa mengakibatkan kaki lemah bahkan lumpuh.

5. Timbulnya pendarahan pada otak bayi akibat terlalu lama kepalanya terhimpit rongga panggul.

Itulah beberapa permasalahan yang bisa timbulkan akibat panggul sempit. Dari beberapa pemeriksaan yang ada, baru bisa ditentukan apakah calon ibu bisa melahirkan secara normal atau lewat operasi Caesar. Karena tidak semua wanita yang punya panggul sempit malahirkan dengan operasi Caesar. Tetapi ada yang melahirkan dengan normal, meskipun itu hanya beberapa. Dalam melakukan operasi Caesar, Dokter akan menempuh dua cara yaitu pertama Caesar elektif atau primer dan kedua Caesar sekunder. Caesar Elektif yaitu apabila dokter mengetahui sejak awal bahwa calon ibu memiliki pinggul sempit, sehingga operasi Caesar dilakukan sebelum persalinan tiba. Sedangkan Caesar sekunder yaitu apabila dokter baru mengetahui bahwa calon ibu memiliki panggul sempit saat proses persalinan sedang berlangsung. Demikian sekilas tentang pengertian panggul sempit dan permasalahannya. SEMOGA BERMANFAAT…..@@@@

 

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...