Manfaat Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kentang bagi Kesehatan Tubuh. Kentang yang biasa kita konsumsi adalah umbi dari pohon kentang itu Kentang sendiri. Umbi kentang saat ini juga menjadi makanan pokok disebagian besar bangsa Eropa, meskipun faktanya kentang ini di bawa ke Eropa oleh penjajah Spanyol dan Portugis. Alasan mengapa bangsa Eropa menjadikan kentang sebagai makanan pokok tidak lain karena kentang memang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bagaimana tidak, ternyata kentang mengandung banyak zat gizi yang memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tidak bisa dipungkiri bahwa kentang saat ini menjadi salah satu makanan yang bergengsi yang sangat digemari oleh banyak kalangan, bahkan kentang ini banyak disajikan dicafe -cafe atau restouran sebagai cemilan atau sebagai pengganti nasi.

Tentunya cara mengolah kentang juga sangat bervariasi ada yang digoreng, direbus, dipanggang atau dijadikan sebagai bahan baku kue. Selain dijadikan campuran bahan baku kue kentang juga biasa dijadikan olahan masakan, baik itu sayuran ataupun dijadikan perkedel kentang. Dan paling populer dari kentang adalah bermanfaat untuk membantu program diet sebagian orang yang memang menginginkan tubuh yang indah dan sehat. Dipasaran kentang sudah dipisahkan menurut jenis dan kualitasnnya, ada yang kulitas unggul ataupun sedang. Tetapi tetap saja tidak mengurangi kandungan mineral ataupun vitamin yang ada pada kentang itu sendiri, hanya saja kualitas yang baik tentu akan lebih banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat kentang bagi kesehatan tubuh kita, antara lain :

1. Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Hal ini disebabkan karena kentang mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi yang seperti kita ketahui bahwa serat memang sangt bagus untuk sistem pencernaan kita. Manfaatnya seperti halnya roti gandum ataupun sereal.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan Vitamin B6 yang terdapat pada kentang menurut sebuah penelitian bisa mengurangi resiko kanker seperti kanker prostat serta kanker rahim, karena Vitamin B6 ini bisa mengurangi gangguan saraf dan pembentukan kristal yang bisa menyebabkan tumor ataupun kanker.

3. Untuk Kecantikan Kulit

Vitamin C juga sangat bermanfaat bagi kulit, khususnya kulit wajah dan kentang termasuk salah satu jenis sayuran yang mempunyai kandungan Vitamin C yang lumayan banyak. Jika Anda ingin kulit wajah halus dan mengurangi mata panda Anda, cukup dengan mngoleskan kentang yang sudah dihaluskan. Niscaya kulit wajah Anda akan cantik dan cerah.

4. Mengurangi Peradangan

Karena kentang mudah dicerna oleh tubuh, maka secara otomatis kentang bisa mnegurangi peradangan pada usus dan sitem pencernaan. Selain itu kentang juga bisa mengurangi peradangan pada mulut. Sedangkan untuk obat luar kentang juga bisa mengobati luka memar, luka bakar dan masalah kulit yang disebabkan oleh efek penggunaan narkotika.

5. Bermanfaat Untuk Penderita Batu Ginjal

Zat besi dan kalium juga terdapat pada kentang yang keduanya bisa membantu pembentukan batu ginjal. Tetapi kentang juga mengandung magnesium yang berguna untuk menolak akumulasi atau deposisi kalium pada ginjal dan jaringan lainnya. Oleh karena itu kentang ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

6. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kentang tidak mengandung banyak kalori seperti nasi dan kentang juga memberikan efek kenyang lebih lama sehingga kita tidak mudah lapar. Selain itu kentang juga membantu Anda mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat kentang bagi kesehatan tubuh, selain manfaat diatas kentang juga bisa meredakan stress yang ada pada pikiran Anda. hal itu disebabkan karena kandungan Vitamin B6 pada kentang bisa membuat rileks dan perasaan yang menenangkan sehingga stress Anda berkurang. Selain itu kentang juga bisa menjaga kesehatan jantung. Oleh sebab itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi kentang, cukup dengan mengolahnya sendiri dirumah, Anda sudah bisa menikmati manfaat kentang ini bagi kesehatan tubuh Anda !!

 

>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...