Pengertian Sariawan dan Cara Mengatasinya

Pengertian Sariawan dan Cara Mengatasinya. Sariawan merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, dari sariawan mulai anak-anak, orang dewasa hinggga orang tua. Mungkin setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Kalau dilihat mungkin sariawan adalah penyakit ringan dibanding penyakit lainnya. Meskipun begitu efek yang diakibatkan dari penyakit sariawan sangatlah berdampak besar, bagaimana tidak karena waktu sariawan makanpun serasa tidak enak karena sakit yang dirasakan saat makan, untuk berbicara pun kadang jadi malas akibat sariawan itu tadi. Pokoknya waktu kita sariawan rasanya semuanya jadi tidak nyaman. Sariawan adalah penyakit kelainan mulut yang sering ditemukan dimasyarakat dan faktanya wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Sariawan atau Stomatitis Aftosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut yang berbentuk luka pada mulut yang ditandai dengan bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Biasanya kemunculannya disertai dengan rasa sakit yang sangat tinggi, seperti pada lidah, gusi dan juga sekitar bibir. Hal itu dikarenakan adanya suatu pembengkakan atau peradangan yang terjadi dilapisan mukosa mulut. Faktor penyebab dari penyakit sariawan itu biasanya dikarenakan karena luka tergigit, terluka saat menggosok gigi, stress, alergi makanan, makanan berminyak, mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas, siklus haid, kelainan pencernaan, kebersihan mulut yang tidak terjaga atau karena kondisi tubuh yang tidak fit serta kurangnya konsumsi vitamin C.

Penyakit sariawan sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya mungkin dalam waktu beberapa hari hingga seminggu. Tetapi jika sariawan berada ditempat yang sama selama satu miggu hingga satu bulan, hal itu dapat diindikasikan adanya kanker rongga mulut. Meskipun sariawan dapat sembuh dengan sendirinya tetapi karena rasa sakit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, oleh sebab itu penting untuk mengobati dengan segera penyakit sariawan ini. Sekarang ini sudah banyak tersedia obat sariawan di apotik-apotik, tetapi jika ada obat alami untuk apa kita menggunakan yang kimia. Berikut beberapa cara mengatasi penyakit sariawan secara alami :

1. Minum Yogurt

Karena yogurt mempunyai manfaat membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh, untuk saat ini ada minuman yogurt yang bisa didapat dengan mudah seperti minuman yogurt bermerek Yakult.

2. Minum Vitamin

Salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin C. Oleh sebab itu usahakan mengkonsumsi vitamin C untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

3. Air Garam

Selain mengobati orang sakit gigi, air garam biasanya juga bisa dibuat mengobati sariawan hal ini dilakukan dengan cara air garam tersebut dibuat kumur-kumur.

4. Baking soda

Cara penggunaan baking soda sama dengan garam, yaitu dibuat kumur-kumur. Baking soda sendiri berfungsi mengurangi bakteri dalam mulut dan membantu mengurangi rasa sakit akibat sariawan.

5. Bubuk Kopi

Bubuk kopi ditaburkan pada bagian yang sariawan, diamkan beberapa menit kemudian berkumurlah dengan air bersih untuk membersihkan bubuk kopi tersebut. Lakukan berulang-ulang hingga sariawan sembuh.

Itulah beberapa cara mengatasi sariawan, sedangkan untuk mencegah sariawan sebaiknya banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, karena dengan begitu tubuh kita akan mendapat asupan nutrisi yang cukup. Hindari makanan yang terlalu panas, terlalu dingin dan terlalu pedas. Serta hindari stress karena hal ini adalah adalah penyebab terbesar penyakit sariawan. Jika anda sariawan kenalilah penyebabnya terlebih dahulu, hal itu akan memudahkan anda untuk mencegah dan mengatasi terjadinya penyakit sariawan tersebut. Apabila sariawan tidak kunjung sembuh segera kedokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker pada rongga mulut. >>>> Semoga Bermanfaat <<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...