Manfaat dan Khasiat Kopi

Manfaat dan Khasiat Kopi. Kopi adalah sejenis minuman yang sangat populer di Indonesia bahkan didunia. Mulai dari kopi desa hingga ke kota, kopi menjadi minuman paling favorit yang dikonsumsi berbagai kalangan masyarakat. Selain mempunyai rasa dan aroma yang khas ternyata kopi juga mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Seiring dengan semakin populernya orang minum kopi maka semakin menjamur pula produk kopi, mulai dari kopi bubuk hingga kopi siap minum dengan berbagai merek dan berbagai macam rasa yang ditawarkan. Kopi sendiri sebenarnya berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi itu sendiri. Penemuan kopi sebagai minuman yang berkhasiat dan berenergi, sekaligus bermanfaat pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia di benua afrika sekitar 3000 tahun yang lalu. Oleh sebab itulah hingga kini banyak orang yang menjadikan kopi sebagai salah satu minuman yang banyak digemari di seluruh dunia.

Meskipun banyak orang yang menyukai kopi tetapi tidak sedikit orang yang tidak menyukai kopi yang disebabkan oleh berbagai macam alasan. Kopi juga terkenal dengan kandungan kafein yang tinggi. Sedangkan kafein itu sendiri adalah senyawa hasil metabolisme sekunder golongan Alkoloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Sedangkan berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya disebabkan oleh aktivitas kafein didalam tubuh. Kafein mempunyai peranan utama didalam tubuh untuk meningkatkan psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga, selain itu kopi juga punya efek fisiologis yaitu yang berupa peningkatan energi. Dan efek itu sendiri akan terasa setelah beberapa jam mengkonsumsi kopi. Selain pada kopi, kafein juga terdapat pada daun teh juga biji coklat yang tentunya dengan kadar berbeda.

Kandungan kafein pada kopi mempunyai efek beragam bagi manusia. Hal itu tergantung pada kemampuan metabolisme tubuh masing-masing orang saat mencerna kandungan kafein dalam kopi. Oleh sebab itu beberapa orang ada yang memang merasakan langsung efek minum kopi, dan ada juga yang tidak merasakan efeknya sama sekali. Sebagian orang mungkin meyakini kalau kopi banyak mempunyai efek negatif, sebenarnya itu juga tidak salah karena ada orang-orang yang memang mempunyai gangguan kesehatan tertentu memang ada pantangan untuk minum kopi. Tetapi beberapa penelitian justru mengatakan sebaliknya, beberapa manfaat dan khasiat kopi antara lain :

1. Kandungan kafein dalam kopi justru bisa menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap.

2. Kafein juga berfungsi menjaga sensitifitas tubuh terhadap insulin sehingga bisa menurunkan resiko terkena diabetes melitus tipe 2.

3. Kandungan kafein dalam kopi juga mampu mencegah penyakit serangan jantung.

4. Kopi juga mampu meningkatkan metabolisme energi terutama untuk memecahkan glikogen(gula cadangan dalam tubuh).

5. Kopi juga mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes dan penurunan respon imun.

Untuk kandungan kafein dalam kopi kadang hilang atau rusak saat proses pembuatan kopi. Meskipun memang ada yang dengan sengaja mengurangi kandungan kafein, biasanya hal itu dilakukan sesuai dengan permintaan konsumen yang tidak begitu menyukai rasa pahit pada kopi. Dengan berbagai macam manfaat diatas tentu kopi dikonsumsi dengan batas aman kafein yang masuk dalam tubuh yaitu sekitar 100-150 mg perhari. Dengan jumlah tersebut tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup agar tubuh tetap terjaga. Kalau sampai mengkonsumsi secara berlebih tentu tidak akan membawa manfaat dan khasiat, malah akan membawa efek negatif bagi kesehatan tubuh. BE HEALTHY BE HAPPY…@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...