Tips Minum Susu Pakai Sendok dan Cangkir pada Bayi

Tips Minum Susu Pakai Sendok dan Cangkir pada Bayi. Banyak para ibu yang merasakan betapa sulitnya meminumkan susu pada bayi dengan sendok dan cangkir. Selain sulit juga menyita waktu dan hasilnya tidak memuaskan alias berantakan. Susu yang tertelan lebih sedikit dibanding susu yang tumpah. Memberikan susu pakai sendok dan cangkir pada bayi biasanya dilakukan oleh para ibu yang bekerja. Faktor itulah yang menjadi alternatif agar anak tidak terbiasa minum dari dot karena setelah pulang kerja biasanya ibu akan memberikan ASI nya lagi.

Bayi Pada saat ibu tidak bisa mnyusui untuk sementara waktu, memang diperlukan cara alternatif untuk memberi susu (ASI perah atau susu formula) kepada bayi. Cara memberikan susu tersebut ada dua cara yaitu dengan dot atau dengan sendok dan cangkir, jelas menggunakan dot adalah cara termudah tapi efeknya sangat tidak bagus nantinya buat bayi. Sedangkan memakai sendok dan cangkir mungkin agak sulit tapi jika Anda sudah memutuskan menggunakan cara ini, berikut adalah kiat atau tips untuk memudahkan Anda meminumkan susu pakai sendok dan cangkir pada bayi Anda agar kegiatan ini bisa lebih mudah dan menyenangkan buat bayi dan Anda sendiri, yaitu :

  • Pastikan bayi tidak dalam keadaan mengantuk
  • Gendong bayi dan dekap dalam posisi duduk setengah tegak
  • Isilah sendok atau cangkir dengan susu sampai setengah penuh
  • Usahakan sendok/cangkir dekat dengan mulut bayi, tempelkan pada bibir atas bayi
  • Perlahan-lahan tempelkan tepi sendok/cangkir ke bibir bawah bayi
  • Dorong sendok/cangkir sampai susu tersebut tepat menyentuh bibir bayi
  • Pada awalnya mungkin bayi Anda akan menjulurkan lidah atau menghirup susu dari sendok/cangkir, tetapi biarkan saja hingga beberapa tetes susu akan masuk dalam mulutnya
  • Jangan tergesa-gesa, beri kesempatan bayi umtuk menelan
  • Biarkan bayi Anda menentukan kecepatan minum
  • Berhentilah secara teratur untuk sekedar menyendawakan bayi

Mungkin melihat tips diatas kelihatan mudah, tapi pada prakteknya memang agak sulit. Meskipun begitu jika Anda telaten dan sabar, pasti bayi Anda akan cepat belajar minum susu pakai sendok dan cangkir. Walaupun tumpah dan berantakan, saat menyeruput susu dari sendok dan cangkir memungkinkan bayi bermain dengan minumannya. Sebaiknya orang tua memberikan sendok extra pada bayi saat menyuapi, karena itu akan melatih ketrampilan tangan bayi. Minum susu pakai sendak dan cangkir adalah pengalaman pertama bayi, jadi wajar bila susu akan tumpah dan berantakan tapi biarkan saja karean disitulah proses bayi belajar dan bermain. Dengan begitu kegiatan menyuapi ini tetap menjadi kegiatan yang menyenangkan baik bagi orang tua ataupun bayinya. Itulah beberapa tips minum susu pakai sendok dan cangkir pada bayi semoga bisa sedikit membantu para ibu yang memang membutuhkan.

 

#### SEMOGA BERMANFAAT ####

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...