Penyebab dan Gejala Sakit Tenggorokan

Penyebab dan Gejala Sakit Tenggorokan. Sakit tenggorokan atau dalam bahasa medisnya disebut Faringitis Streptokokus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri streptokokus. Sakit tenggorokan akibat bakteri ini selain mampengaruhi tenggorokan juga mempengaruhi tonsi. Tonsil sediri adalah kedua kelenjar pada bagian tenggorokan yang terdapat pada bagian bawah mulut. Selain itu sakit tenggorokan akibat bakteri streptokokus juga bisa mempengaruhi rongga suara. Disamping itu penyebab dari sakit tenggorokan ini adalah alergi dan juga rokok. Mungkin banyak orang yang menganggap sepele gejala awal dari sakit tenggorokan, karena memang rasa sakitnya masih dianggap wajar. Tetapi jika dibiarkan tentu akan berakibat fatal.

sakit tenggorokan Sakit tenggorokan ini bisa menyebar melalui kontak erat dengan orang yang sakit dan juga akan cepat menyebar pada  lingkungan yang padat misalnya di terminal dan sekolah serta bisa menyebar dilingkungan yang lembab, tetapi kurun waktunya sekitar 15 hari baru bakteri tersebut bisa menyebabkan orang menjadi sakit, misalnya menyebar melalui sikat gigi dan tempat-tempat lembab lainnya. Untuk mengetahui apakah orang itu sakit tenggorokan atau tidak, berikut adalah gejala-gejala sakit tenggorokan yang bisa diketahui, antara lain :

  • Demam
  • Nyeri pada tenggorokan
  • Susah menelan
  • Kelenjar yang membengkak dileher
  • Bagian tenggorokan terdapat bercak putih
  • Batuk dan bersin yang bisa menyebabkan suara serak
  • Munculnya ruam (bintik-bintik merah) disekitar tenggorokan

Itulah beberapa gejala awal yang bisa kita deteksi dengan mudah, meskipun begitu harus diperiksakan ke dokter. Jika sakit tenggorokan tersebut sudah parah biasanya akan timbul gejala lainnya seperti muntah, nyeri otot persendian, nyeri perut, keluar nanah serta membengkaknya kelenjar getah bening. Untuk pengobatan awal cukup diberi Antibiotik, karena Antibiotik ini berguna untuk membunuh bakteri. Jika memang sudah terkena sakit tenggorokan ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan, diantara yaitu :

  • Hindari makanan yang mengandung protein dan kaloti yang tinggi seperti daging, susu, telur, ayam dan ikan
  • Banyak konsumsi buah dan makanan yang banyak mengandung vitamin dan asam folat yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Perbanyak minum air putih disarankan yang hangat
  • Hindari makanan dan minuman yang dingin
  • Hindari makanan pedas, berminyak dan asam

Apabila hal-hal diatas dilakukan kemungkinan besar akan mengurangi rasa sakit tenggorokan Anda atau bahkan akan sembuh. Selain itu juga dianjurkan berkumur dengan air garam yang hangat untuk mengurangi pembengkakan. Jika Anda sudah melakukan tips-tips diatas tapi sakit tenggorokan Anda tidak kunjung sembuh, maka segera periksakan ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagimanapun jika gejala awal dibiarkan maka bakteri akan menjalar ke katup jantung dan bisa menyebabkan penyakit Demam rhematik. \Oleh sebab itu budayakan hidup sehat dengan mengatur pola makan dan olah raga secara teratur..!!! BE HEALTHY BE HAPPY

 

##### SEMOGA BERMANFAAT #####

Tambahkan Komentar Sembunyikan