Tips dan Triks Memanggang Cake

Tips dan Triks Memanggang Cake. Membuat cake memang gampang-gampang susah, karena menyangkut beberapa prose cake dan langkah-langkah yang memang harus diperhatikan. Mungkin kalau diperhatikan memanggang cake adalah proses yang sepele dibanding proses laiannya, tetapi sangat menentukan hasil ahirnya. /Meskipun semua proses awal sudah benar tapi ada kesalahan dalam memanggangnya pasti semuanya akan sia-sia. Sebenarnya ada tips dan triks sederhana bagaimana cara memanggang cake yang benar agar menghasilkan cake yang sesuai dengan keinginan kita. Untuk itu apa saja yang perlu perhatikan pada saat akan memanggang cake ini, berikut diantaranya ;

  1. Biasanya cake dietakkan dalam loyang lalu dipanggang. Untuk itu pastikan loyang yang akan digunakan untuk cake sebaiknya dilapisi kertas roti. Jangan memoles loyang dengan margarin dan menaburinya dengan tepung terigu karena tepung terigu akan membuat bagian luar cake menjadi tebal dan terkelupas.
  2. Pastikan aven dipanaskan setidaknya 15 menit sebelum adonan dimasukkan dalam oven. hal itu dilakukan agar oven sudah cukup panas saat digunakan untuk memanggan cake supaya hasilnya sempurna.
  3. Jangan membuka oven saat cake dipanggang, setidaknya 15 menit pertama. Setelah itu oven baru bisa dibuka untuk mengetahui tingkat kematangan cake. Meskipun begitu usahakan jangan terlalu sering menbukanya, agar kita mendapatkan cake yang benar – benar sempurna.
  4. Pada cake yang bertekstur tipis membutuhkan proses pemanggangan dengan suhu oven lebih tinggi atau lebih panas, sedangkan cake yang bertekstur tebal suhu oven nya harus lebih rendah atau jangan terlalu panas agar cake tersebut bisa matang hingga kebagian dalam.
  5. Untuk mengetahui cake sudah matang atau belum gunakan lidi atau tusuk sate. Caranya dengan menusukkan lidi tersebut ke bagian tengah cake. Jika tusukannya licin, tandanya cake telah matang. Tetapi jika masih ada adonan basah menempel pada lidi atau tusuk sate, artinya cake masih belum matang dan diperlukan untuk menambah waktu mengovennya kembali.
  6. Jika pada saat mengetes kematangan bagian dalam cake masih basah dan bagian luar cake sudah matang, berarti itu karena suhu oven terlalu panas. Untuk mengatasinya buka sedikit pintu oven supaya suhu panasnya keluar dan pangganglah kembali cake seperti biasa.
  7. Sebaliknya jika suhu oven kurang panas juga bisa membuat permukaan cake pecah dan terbelah. Selain suhu oven, pemakaian tepung terigu dengan kadar protein tinggi atau komposisi tepung terigu dan gula terlalu banyak juga bisa menyebabkan permukaan cake pecah dan terbelah.

Itulah beberapa hal mengenai tips dan triks memanggang cake yang bisa membantu para pemula yang ingin sekali membuat cake menjadi berhasil dan sesuai dengan harapan. Meskipun memanggang cake merupakan proses yang cukup penting, tapi jika proses yang lainnya tidak diperhatikan tentu pembuatan cake juga tidak akan berhasil. Oleh sebab itu bagi para pemula sebaiknya harus benar-benar memperhatikan satu persatu proses dan langkah-langkah pembuatan cake agar tercipta hasil yang memuaskan.

 

@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...