Mengenal Penyakit Tipes/Tifus dan Gejalanya

Mengenal Penyakit Tipes/Tifus dan Gejalanya. Siapa yang tidak kenal dengan penyakit tipes ? Semua orang Tipes pasti mengenalnya, karena penyakit ini memang sudah tidak asing lagi dimasyarakat pada umumnya. Banyak orang yang  menganggap enteng penyakit tipes ini, padahal tipes adalah penyakit yang cukup berbahaya. Tipes atau tifus merupakan salah satu penyakit peradangan pada usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi yang tertular lewat makanan dan minuman yang airnya terinfeksi oleh bakteri. Bakteri ini masuk melalui mulut dan menyebar ke lambung lalu ke usus halus dan bakteri ini memperbanyak diri didalam usus halus.

Pada umumnya dokter mendiagnosa penyakit tipes dengan cara melakukan tes darah untuk melihat apakah ada antibodi yang dihasilkan oleh tubuh dari bakteri salmonella type yang menyebabkan penyakit tipes dan jika kuman atau bakteri itu sudah masuk kedalam pembuluh darah, maka hasil tes darahnya akan positif. Selain itu untuk melihat ciri khas penyakit tipes yaitu dengan cara melihat jumlah leukositnya (sel darah putih). Umumnya jika penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri akan menyebabkan jumlah leukositnya meningkat, tapi tidak begitu dengan penyakit tipes. Pada penyakit tipes justru terjadi sebaliknya yaitu menurunnya jumlah leukosit dalam tubuh. 

Untuk mengetahui apakah seseorang terkena penyakit tipes atau bukan, berikut ada beberapa gejala yang biasa muncul dari penyakit tipes, antara lain :

  • Badan demam selama beberapa hari baik itu disiang atau malam hari
  • Rasa sakit dibagian perut sebelah kiri
  • Lidah bagian tengah putih dan bagian pinggir berwarna merah
  • Denyut jantung lemah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Terjadinya perubahan pola buang air besar (BAB)

Itulah beberapa gejala yang biasa timbul dari penyakit tipes, jika seseorang sudah didiagnosa positif terkena tipes maka penanganannya adalah dengan mengkonsumsi antibiotik dan istirahat yang cukup ditempat tidur. Penyembuhan ini sebenarnya adalah menghilangkan bakteri yang masuk kedalam tubuh dengan cara istirahat total dan tidak banyak bergerak agar panas atau demam cepat turun. Karena jika banyak bergerak bisa membuat suhu badan naik dan kuman atau bakteri akan terus berkembang biak masuk kedalam darah, selain itu penderita tipes yang mengalami masalah adalah ususnya maka jika banyak bergerak akan membuatnya semakin sakit. Oleh sebab itu jika seseorang mengalami gejala-gejala seperti diatas, sebaiknya segera dibawa ke dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...