8 Cara Mengatasi Kebandelan Anak Batita

8 Cara Mengatasi Kebandelan Anak Batita. Kebandelan anak bagi sebagian orang tua mungkin dianggap bandel biasa, bahkan jika ada anak kecil bandel sering muncul kata ” nggak apa-apa kan masih kecil” dan hal itu seperti kata yang membolehkan anak kecil bandel. Bandel, barangkali sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari anak-anak usia 3-5 tahun atau anak batita. Pada usia ini anak-anak lebih menunjukkan sikap ’mokong’ nya (membangkang) ketimbang sikap kooperatif terhadap orang tuanya. Meski hal ini umum terjadi pada anak-anak, bukan berarti kita biarkan begitu saja. Karena ada beberapa cara sederhana yang bisa untuk mengatasi kebandelan anak batita  agar mereka bisa bersikap kooperatif dan mudah diarahkan oleh orang tuanya. Berikut 8 cara mengatasi kebandelan anak batita, yaitu antara lain :

1. Buat Si kecil Tertawa

Ini adalah cara efektif yang bisa digunakan untuk mengajak anak agar mau menggosok gigi atau minum obat. Sebab dengan tertawa sikecil akan lupa akan tugasnya sejenak dan dengan tertawa memastikan si kecil akan membuka mulutnya. Caranya cobalah melucu atau sekedar menggelitik perutnya agar anak menjadi tertawa.

2. Ceritakanlah Tentang Masa kecil Anda

Untuk hal ini tidak apa-apa kalau Anda sedikit berbohong dan usahakan semenarik mungkin agar si kecil bisa tenang dan mendengarkan Anda. Cara ini bisa dilakukan saat anak tidak mau duduk tenang di tempat umum, misalnya di rentoran dll.

3. Bernyanyi

Biasanya jam tidur bagi anak adalah waktu yang paling pas untuk menolak memejamkan mata, meskipun ia sudah di tempat tidur. Dalam hal ini anda bisa menyenandungkan lagu yang bisa mengalihkan perhatiannya, sekaligus meninabobokannya.

4. Kreatif Menyiasati

Maksudnya disini adalah Anda bisa menyiasati pada saat anak tidak mau memakai topinya, misalnya Anda bisa berlomba dengan si kecil siapa yang paling cepat meletakkan topi dikepala lebih dulu akan menjadi juaranya. Dengan begitu tanpa sadar si kecil akan menggunakan topi dengan sendirinya.

5. Buatlah Suara-Suara Aneh

Dongengi si kecil dengan cerita favoritnya sambil sesekali menyelipkan suara-suara tokoh kartun yang digemarinya. Taktik ini pasti akan berguna pada saat si kecil sedang di ruang tunggu dokter misalnya. Dengan mendengarkan cerita Anda pasti si kecil akan duduk tenang sampai gilirannya tiba.

6. Ingatkan Kenangan Favoritnya

Pada saat si kecil menolak untuk dipotong kukunya yang sudah panjang, cobalah membujuknya dengan menceritakan tentang kejadian yang membuatnya senang. Uraikan setiap detail ceritanya sambil Anda memotong kukunya dan cobalah mendorong ia untuk menambahkan hal-hal lain yang pura-pura tidak Anda ingat.

7. Bocorkan Suatu Rahasia

Jika Anda ada janji dengan dokter dalam waktu cepat dan sikecil menolak pergi maka gunakanlah cara ini, yaitu bisikkan padanya ; apakah ia mau mendengar rahasia penting, jika ia mengangguk maka segeralah peluk dan angkat dia ke dalam mobil. Dengan begitu Anda bisa cepat pergi dan si kecil bisa duduk tenang.

8. Tekankan Arti Positifnya

Apabila si kecil tidak suka cuci tangan sebelum makan, gunakanlah trik lama yaitu katakan padanya bahwa jika ia tidak cuci tangan maka kumannya akan ikut masuk keperut dan perutnya menjadi sakit. Katakan juga kuman itu tidak kelihatan dan sangat jahat dengan begitu si kecil akan mau cuci tangan sebelum makan.

Itulah beberapa cara sederhana mengatasi kebandelan anak batita yang memang rata-rata tidak bisa diam. Dengan cara sederhana dan penuh canda, pasti anak batita yang bandel mudah ditaklukkan. Salah satunya adalah dengan cara di gelitik, karena sambil bercanda pasti tanpa sadar ia sudah melakukan tugasnya. Tentunya selain 8 cara di atas masih banyak cara sederhana lainnya untuk mengatasi kebandelan anak balita Anda. Yang terpenting adalah tetap sabar dan gunakan kepala dingin saat menghadapi kebandelan anak batita Anda, kita boleh menghukumnya tapi bukan dengan kekerasan tapi dengan hukuman yang mendidik. Dengan begitu diharapkan Anak batita akan tumbuh dengan jiwa yang riang dan bisa tumbuh menjadi anak yang lebih baik lagi serta membanggakan orang tuanya kelak..!!

 

@@@@ Semoga Bermanfaat @@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan