Tips dan Triks Memanggang Daging dan Makanan

Tips dan Triks Memanggang Daging dan Makanan. Memang tidak bisa dipungkiri olahan dari makanan dan daging Memanggang yang dipanggang punya cita rasa yang lezat dan itu banyak disukai oleh manyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bahan makanan dan daging yang cocok dipanggang antara lain adalah ayam, daging sapi, daging kambing, jenis ikan-ikanan, tempe, tahu, kentang dan beberapa jenis sayuran misalnya terong dll. Mengolah dengan cara memanggang baik daging ataupun bahan makanan lainnya sebenarnya caranya gampang-gampang susah. Oleh sebab itu agar Anda bisa berhasil memanggang daging dan makanan sebaiknya Anda menyimak tips dan triks memanggang daging dan makanan berikut ini.

Sebelum kita membahas tips dan triks memanggang daging dan makanan, sebaiknya Anda mengetahui apa saja bumbu-bumbu yang biasa digunakan untuk merendam bahan yang akan dipanggang. Sebelum memanggang biasanya makanan direndam terlebih dahulu di dalam bumbu. Bumbu untuk rendaman tersebut antara lain :

  • Kecap dan jeruk lemon/nipis
  • Jeruk nipis, merica bubuk dan garam
  • Jeruk nipis dan bumbu dasar putih, kuning dan merah
  • Campuran berbagai kecap dan saus

Sedangkan untuk Alat yang biasa digunakan memanggang antara lain yaitu :

>> Diatas Bara

Cara memanggang diatas bara ini adalah cara tradisional. Bahan bakarnya arang atau batok kelapa. Cara ini bisa dilakukan diatas pemanggang sate, diatas angklo, atau diatas alat pemanggangan modern. Caranya adalah makanan diletakkan diatas alat pemanggang dengan cara dijepit dikawat pemanggang, atau tusukan sate agar makanan tidak langsung bersentuhan dengan api. Cara memanggang diatas bara punya keistimewaan sendiri yaitu akan tercium aroma yang khas yang dihasilkan oleh pembakaran arang yang  digunakan.

Tips memanggang diatas bara yaitu : Gunakan arang yang tidak terlalu berdebu supaya makanan tidak kotor. Kipasi arang supaya api tidak menyala-nyala, tetapi hanya baranya saja yang membakar makanan yang kita panggang. Api yang berkobar akan membuat makanan jadi gosong. makin tebal gosongnya maka akan semakin pahit makanan yang kita panggang.

>> Diatas Kompor

Saat ini sudah muncul alat pemanggang yang diletakkan diatas kompor. Bahannya biasanya dari baja tebal yang akan menjaga makanan tidak hangus. Ada juga yang dari bahan stenlis yang ditengah nya ada alat bulat yang bisa berputar dan memunculkan bara untuk membakar makanan. Kelebihan dari alat-alat modern ini adalah punya panas yang konstan hingga matangnya akan merata, tetapi aromanya kurang jika dibanding dengan dibakar diatas bara tadi.

Tips memanggang diatas kompor yaitu : Untuk yang dari bahan baja alasi alat dengan alumunium foil agar makanan yang dihasilkan tidak hangus. Atur api agar makanan punya kematangan yang pas, jika terlalu kecil akan membuat makanan jadi kering dan keras dan jika terlalu besar apinya, makanan akan kurang matang. Untuk alat yang dari stenlis sebaiknya gunakan alat bantu kawat pemanggang / penjepit agar mudah untuk dibolak-balik.

>> Pemanggang Listrik

Pemanggang listrik ini bersumber dari panas yang dihasilkan oleh listrik. Kelebihannya panasnya konstan, makanan bisa cepat matang sehingga tidak keras dan kering. Kekurangannya aroma pembakarannya kurang terasa.

>> Oven

Memanggang dengan oven sudah banyak digunakan untuk memanggang berbagai jenis makanan. Hal ini dikarenan oven ini sangat praktis dan kita bisa memanagkan makanan tanpa harus repot menunggunya untuk membolak-balik makan agar tidak gosong.            

Tips dan Triks membuat makanan yang dipanggang

  1. Rendam dahulu bahan makanan yang akan diapanggang dalam campuran bumbu agar bumbunya meresap.
  2. Selama proses pemanggangan makanan harus sering dioles dengan bumbu rendaman.
  3. Jika kipas manual terasa berat gunakan kipas angin untuk mengipasi api cukup dengan volume sedang
  4. Sediakan saus atau sambal untuk menemani makanan yang dipanggang
  5. Agar makanan tak menempel didasar pemanggang, campur bumbu dengan margarin atau minyak. Untuk ikan fillet dapat ditaburkan sedikit tepung dipermukaan ikan.
  6. Kalau tidak ada alumunium foil untuk alas memanggang, gunakan daun pisang sebagai gantinya.
  7. Bahan makanan tak perlu terlalu sering dibolak-balik terutama ikan agar kulitnya tidak terlepas.

Itulah beberapa tips dan trik memanggang daging dan makanan yang bisa saya bagi dengan Anda para pencinta olahan makanan dengan cara dipanggang, khususnya para ibu. Semoga bisa sedikit membantu Anda mengatasi masalah saat Anda memanggang daging dan makanan agar tercipta hasil panggangan yang nikmat untuk disantap bersama keluarga tercinta.

>>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...