Keistimewaan Mata Kucing

Keistimewaan Mata Kucing. Keistimewaan mata Kucing adalah merupakan salah satu bukti kesempurnaan Allah SWT Anak Kucing dalam penciptaan, Allah menciptakan mata kucing dengan pengaturan dan letak yang sesuai dengan kebutuhan makhluknya.  Kucing dapat dengan mudah membedakan warna hijau, biru, dan merah. Walaupun begitu, keistimewaan mata kucing yang sebenarnya adalah bisa melihat dimalam hari. Hal itu dikarenakan kelopak mata kucing terbuka dimalam hari, yaitu ketika terkena sedikit cahaya. Lapisan mata yang disebut dengan iris membuat pupil mata menjadi membesar (hampir 90% mata), sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya.

Pada saat mata kucing mendapat cahaya yang lebih terang, sistem bekerja berlawanan untuk melindungi retina dan itu bisa membuat pupil mata kucing mengecil dan berubah menjadi garis tipis. selain itu pada mata kucing ada sebuah lapisan yang tidak terdapat pada mata manusia. Lapisan ini terletak dibelakang retina yang berfungsi sebagai penerima cahaya. Pada saat cahaya jatuh dilapisan ini, langsung dipantulkan kembali dan otomatis cahaya melewati retina sebanyak dua kali. Oleh karena itu kucing dapat melihat dengan mudah walaupun gelap atau cahaya hanya sedikit. Sebab itu juga mata kucing menjadi bersinar disaat gelap.

Lapisan yang terdapat pada mata kucing itu disebut kristal tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya. Alasan lain kenapa mata kucing bisa melihat dalam gelap adalah karena adanya sel-sel batang yang lebih banyak dibandingkan sel-sel kerucut diretina mereka. Keistemawaan mata kucing selain bisa melihat dimalam hari, bola mata kucing juga lebih besar daripada manusia. Jika manusia hanya sampai 160 derajat, mata kucing bisa dengan mudah melihat hingga 187 Derajat. Oleh sebab itu kucing bisa dengan mudah melihat ancaman yang ada.

Karakteristik lain dari mata kucing juga sangat sensitive pada gerakan dan keindahan yang sesuai dengan jarak penglihatan mereka. Mata kucing dan otaknya memisahkan setiap gerakan bingkai demi bingkai. Otak kucing juga bisa merasakan lebih banyak gambar daripada manusia. Sebagai contoh, kucing dapat dengan mudah melihat tanda-tanda elektronika pada layar televisi dibandingkan manusia. Hal ini dikarenakan kebiasaan kucing  yang menangkap mangsanya yang bergerak.

Itulah beberapa keistimewaan mata kucing, yang memang Allah ciptakan untuk memudahkan kucing dalam mencari mangsanya. Begitu Allah SWT menyayangi semua mahkluk nya hingga hal-hal yang sangat kecilpun telah diatur oleh-Nya.  Seperti dalam firman Allah dalam surat Ann-Nuur 45 ” Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan diatas perutnya dan sebagian lagi berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”(QS.An-Nuur 45).   

>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...