Tips dan Triks Menghadapi Musim Pancaroba

Tips dan Triks Menghadapi Musim Pancaroba. Musim pancaroba datng lagi, lazimnya memasuki pertengahan tahun Musim pancaroba biasanya juga memasuki musim pancaroba. Tetapi kenyataanya ditahun-tahun belakangan ini, hal itu menjadi tidak pasti lagi karena musim pancaroba datangnya hampir mendekati ahir tahun. Seperti sekarang ini misalnya, siang hari matahari sangt terik sehingga suasana terasa amat panas, namun dari panas tersebut bisa tiba-tiba menjadi hujan dan udara terasa dingin. Oleh sebab itu kita harus punya tips dan triks menghadapi musim pancaroba ini agar kondisi tubuh kita tetap sehat.

Selama musim pancaroba ini kita harus mewaspadai kemungkinan penyakit yang sering terjadi di musim ini. Bagaimanapun perubahan cuaca yang tiba-tiba tentu akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Perubahan udara dan temperatur sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita otomatis akan berusaha keras untuk menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itupula sistem imunitas pada tubuh kita juga berkurang, sehingga banyak orang yang sakit dimusim pancaroba. Penyakit-penyakit yang sering menyerang dimusim pancaroba misalnya, flu, batuk, pilek, demam, gangguan pencernaan seperti diare daan tifus. Lalu bagaimana persiapan kita menghadapi musim pancaroba ini ? Berikut beberapa tips dan triks menghadapi musim pancaroba, diantaranya yaitu :

1. Konsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga daya tubuh agar tetap stabil, selain dapat diperoleh dari makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh, yaitu ; karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menghadapi musim pancaroba. Karena kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Tidur yang cukup sekitar 6-8 jam sehari akan membantu pemulihan daya tahan tubuh.

3. Berolahraga

Usahakan olahraga secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu selama 30 menit. Pilihlah olahraga yang sifatnya aerobik seperti, joggiing, senam, treadmill, bersepeda atau sekedar berjalan kaki dilingkungan sekitar Anda.

4. Konsumsi suplement

Suplement tambahan tentu diperlukan, terutama dimusim pancaroba seperti sekarang seperti vitamin C, Zinc, dan Enchinacea adalah sebagian dari suplement yang telah terbukti mampu meningkatkan daya tubuh kita. Yang penting adalah pilihlah suplement yang tepat dan minumlah sesuai dengan kebutuhan.

5. Hindari Stress

Memang di zaman sekarang ini susah sekali untuk menghindari stress. Namun jika kita bisa mengelola stress dengan tepat, tentu kita akan terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang dan semua itu sangat mempengaruhi daya tubuh kita.

6. Perbanyak minum air putih

Kurangi minum minuman dingin dan usahakan perbanyak konsumsi air putih usahakan dalam suhu normal, minimal 8 gelas sehari. Karena minuman dingin bisa menurunkan daya tubuh kita disaat terjadi perubahan cuaca.

Setiap orang tentu berbeda-beda sisten kekebalan tubuhnya, ada yang terpengaruh dan ada yang tidak terpengaruh dengan musim pancaroba. Dengan mengetahui tips dan triks menghadapi musim pancaroba, tentu akan lebih membantu kita menghindari penyakit yang sering terjadi dimusim ini. Karena penyakit ini menyerang siapa saja tanpa pandang bulu baik anak-anak ataupun orang tua, oleh sebab itu tetap jaga kesehatan agar bisa melewati musim pancaroba tanpa ada gangguan penyakit apapun.

@@@@ Semoga Bermanfaat @@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan