Kandungan Zat-Zat Berbahaya pada Rokok

Kandungan Zat-Zat berbahaya pada rokok. Ingat tidak kata-kata ”Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan Bahaya Rokok jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”. Peringatan itulah yang selalu tertulis di semua kemasan rokok yang ada dipasaran, tapi sayangnya hal itu tidak disertai dengan gambar-gambar yang menyeramkan pada kemasan rokok tersebut. Coba hal itu bisa terwujud di negara kita ini, pastilah para perokok akan lebih takut atau berpikir dua kali untuk membeli rokok !! Karena pada rokok terdapat zat-zat berbahaya yang ada didalam setiap batangnya . Tidak bisa dipungkiri bahwa WHO menyebutkan jumlah perokok di Indonesia ialah yang terbanyak ketiga diseluruh dunia setelah Cina dan india.

Faktanya sudah banyak orang yang mengetahui bahwa merokok itu berbahaya, tapi hal itu tidak menghalangi mereka untuk tetap menghisap yang namanya rokok. Sebenarnya kebiasaan merokok akan selalu menimbulkan dampak bagi kesehatan bahkan hingga perekonomian keluarga. Perlu diketahui bahwa rokok mengandung kurang lebih 4000 lebih elemen - elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Kandungan zat-zat berbahaya pada rokok tersebut antara lain :

>> Karbon monoksida  (CO)

Gas CO adalah sejenis gas yang tidak memiliki bau. Gas CO mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen, sel tubuh yang kekurangan oksigen akan berusaha meningkatkan kerjanya melalui kompensasi pembuluh darah dengan cara menciut (spasme). Jika proses spasme terjadi berlangsung terus menerus maka pembuluh darah otomatis akan rusak dan terjadi penyempitan. Dan penyempitan itu akan terjadi dimana-mana yaitu di otak, jantung, paru-paru, ginjal, kaki, saluran peranakan dan di ari-ari wanita hamil.

>> Nikotin

Efek dari penggunaan nikotin ini bisa menyebabkan perangsangan terhadap hormon kathekolamin (adrenalin) yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah. Akibatnya jantung tidak diberikan waktu untuk istirahat dan tekanan darah akan semakin tinggi yang ahirnya muncul hipertensi.

>> Tar

Tar adalah sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang merupakan subtansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Sedangkan kadar tar pada rokok antara 0,5-35 mg per batang. Tar juga suatu zat karsinogen yang bisa menjadi penyebab kanker pada jalan nafas dan paru-paru.

>> Amoniak

Amoniak adalah gas yang tidak berwarna yang baunya sangat tajam menyengat. Begitu kerasnya racun yang ada pada amoniak ini sehingga jika masuk kedalam peredaran darah bisa mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.

>> Plumbum (pb-210) & Polonium (po-210)

Keduanya adalah zat radio aktif yang juga terdapat pada rokok. zat radio aktif pada asap rokok sangat berbahaya bagi siapapun yang menghirupnya. Keduanya merupakan logam berat yang sangt berbahaya yang ada pada rokok.

Selain zat-zat diatas, masih banyak zat-zat lainnya yang juga berbahaya yang terkandung pada rokok, seperti Metanol, Arsenik, Pestisida, Formalhedid, Cadmium, Aseton, Hidrogen sianida, Vinyl Chlorida, Fenol, Butan, Toluene dan zat-zat berbahaya lainnya. Jadi pikirkan baik-baik sebelum Anda mulai menghisap rokok. Anda hanya akan merusak tubuh Anda secara perlahan. Dan jika dampaknya tidak dapat Anda rasakan sekarang maka tunggulah dihari tua Anda nanti. Karena bagaimanapun jika zat-zat berbahaya tersebut masuk ke tubuh Anda secara terus menerus otomatis akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Berbagai macam penyakit, seperti kanker kantung kencing, rongga mulut, ginjal  hingga serangan jantung akan menghantui kesehatan Anda. Jadi hentikan merokok sekarang juga dan mulailah pola hidup sehat, kalau bukan Anda sendiri siapa lagi yang akan peduli dengan kesehatan Anda. So stop merokok dari sekarang…!!!

 >>>>>> BE HEALTHY BE HAPPY <<<<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan