Manfaat Detoksifikasi bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat detoksifikasi bagi kesehatan tubuh. Mungkin Anda bertanya apakah detoksifikasi itu ? Detoksifikasi atau Detoksifikasi detoks adalah proses membersihkan toksin/racun dari dalam tubuh. Detoks sangat bermanfaat bagi kebersihan, kecantikan dan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tumpukan toksin dalam tubuh menyebabkan kulit wajah kusam dan memepercepat penuaan dini. Toksin sendiri adalah semua zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Bila toksin dibiarkan dalam tubuh akan merusak sel, mengganggu kerja organ-organ tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan. Oleh sebab itu kita perlu melakukan detoksifikasi yang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tubuh yang terpapar toksin/racun, disebabkan oleh beberapa hal, pertama, dari sisa hasil metabolisme, produksi hormon yang berlebihan akibat stress, gangguan fungsi hormon dan bakteri. Kedua, dari makanan dan minuman tercemar, yang kita makan, udara tercemar yang kita hirup serta terserap melalui pori-pori kulit. Stress yang berkepanjangan, perubahan gaya hidup dan pola yang tidak sehat juga mengakibatkan penumpukan toksin dari sisa metabolisme tubuh. Keadaan ini bisa menurunkan kemampuan organ tubuh dalam mengeluarkan toksin.

Kebiasaan makan sampai kenyang juga akan memperberat kerja organ tubuh, seperti lambung, usus, hati, empedu, ginjal, pangkreas dan jantung. Pada saat menyantap makanan yang kaya akan lemak dan gula dalam porsi besar. Maka kerja organ tubuh pun semakin keras lagi untuk mencerna dan menetralisir toksin. Akibatnya toksin didalam tubuh semakin menumpuk Untuk itulah diperlukan detoksifikasi. Meskipun banyak cara detoksifikasi, tetapi cara yang  efektif detoksifikasi adalah berpuasa. Puasa yang benar berarti makan lebih sedikit dibandingkan ketika kita tidak berpuasa. Sehingga hanya sedikit toksin yang masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat detoksifikasi bagi kesehatan tubuh, antara lain :

  • Mengoptimalkan kerja lambung, usus, hati, jantung dan ginjal sehingga lebih sehat
  • Meremajakan sel dan melancarkan pembuangan toksin
  • Melancarkan peredaran darah dan kelenjar getah bening
  • Mencegah pusing, kulit kusam dan bau keringat tidak sedap
  • Mencegah dan mengatasi kegemukan, peradangan dan alergi
  • Memperbaiki daya ingat
  • Memperbaiki kadar gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol
  • Memperbaiki fungsi hati dan ginjal

Proses detoksifikasi ini sebaiknya dilakukan paling tidak setahun sekali. Bagi umat muslim dengan adanya bulan ramadhan adalah kesempatan paling baik untuk melakukan detoks. Karena pada saat puasa organ-organ tubuh terutama usus, hati dan ginjal dapat melakukan detoksifikai. Dengan berpuasa berarti sistem pencernaan akan beristirahat secara optimal, sehingga tubuh bisa membuang racun secara bertahap yang menumpuk di dalam tubuh dan sistem kekebalan tubuhpun meningkat dan tubuh lebih berenergi. Itulah beberapa manfaat detoksifikasi bagi kesehatan tubuh.

 >>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...