Dampak Negatif jika Anda Malas Minum Air Putih.

Dampak Negatif jika Anda Malas Minum Air Putih. Bagi sebagian orang minum air putih adalah suatu hal yang Air Putih sangat tidak menyenangkan, tetapi bagi yang mengerti arti penting minum air putih maka akan hal itu adalah suatu keharusan. Sudah bukan rahasia lagi kalau air putih itu sangat penting bagi tubuh kita. Karena jika kita kekurangan air putih maka kita akan kekurangan cairan atau dehidrasi, tidak hanya itu saja dampak negatif jika anda malas minum air putih, ada beberapa akibat yang disebabkan oleh malas minum air putih. Malas atau lupa minum air putih, bisa jadi karena kesibukan atau aktivitas seeorang yang terlalu padat, hingga mereka melupakan bahwa minum air putih itu sangat penting untuk metabolisme tubuh kita.

Oleh sebab itu bagi Anda yang malas minum air putih, anda harus mewaspadai dehidrasi. Sedangkan dehidrasi adalah suatu kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Didalam tubuh kita hampir 55-75 % nya adalah cairan, keseimbangan cairan akan menjadi negatif atau dehidrasi kalau cairan dalam tubuh kita menurun hingga 6 %. Sedangkan dehidrasi sendiri disebabkan oleh penurunan asupan cairan, namun terjadi peningkatan pengeluaran cairan dari tubuh.

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan dehidrasi, salah satunya karena seseorang terlalu banyak mengeluarkan keringat, baik itu pada bekerja ataupun saat berolahraga. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak menurun, asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak pun akan berkurang. akibatnya sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa mengecil atau menciut. Selain dehidrasi, dampak negatif malas minum air putih adalah sebagai berikut ;

1. Mengganggu Fungsi Ginjal

  • Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal, karenanya air putih penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan minum air putih yang cukup maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh pada saat seseorang buang air kencing. 

2. Menyebabkan infeksi Kandung Kemih

  • Perempuan harus lebih banyak mengkonsumsi air putih daripada laki-laki, hal itu disebabkan karena panjang saluran kemih perempuan lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air putih akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan akan mengurangi resiko infeksi kandung kemih.
  • Gejala infeksi kandung kemih sendiri biasanya berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan diatas tulang kemaluan. Kadang juga terdapat darah dalam urine.

3. Menyebabkan Halusinasi dan Kematian

  • Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan hingga berat. Gejala ringan seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat. Sedangkan gejala berat seperti halusinasi dan bahkan kematian.

4. Gangguan Fungsi kognitif ( kepandaian )

  • Saat seseorang mengalami kekurangan cairan maka cairan yang menuju ke otak juga menurun, akibatnya asupan oksigen yang menuju ke otak juga berkurang dan itu bisa menjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Hal itu membuat seseorang susah konsentrasi, gampang lupa yang disebabkan oleh sel-sel otak yang tidak aktif akibat kekurangan cairan.

5. Menyebabkan Kulit Kusam

  • Jika seseorang malas minum air putih maka akibatnya pada kulit bisa terlihat kusam dan tidak segar, semua  itu dikarenakan aliran darah kapiler dikulit juga tidak maksimal seperti pada seseorang yang cukup minum air putih.

Setelah membaca dampak negatif minum air putih diatas, semoga bisa membuat Anda menjadi rajin minum air putih. sebaiknya Anda Jangan hanya minum air putih pada saat makan saja yach…! Karena Cara sederhana mencegah dampak negatif malas minum air putih adalah dengan minum air putih secara teratur minimal 2 liter dalam sehari. sedangkan cara ideal untuk mencukupi kebutuhan air bagi tubuh adalah 1-3 gelas saat bangun tidur, 2-3 gelas 1 jam sebelum makan siang dan 2-3 gelas sebelum makan malam. Meskipun mungkin minum air putih adalah hal yang sepele tapi jangan sepelekan hal itu karena efeknya sangat buruk bagi kesehata. AYOOO YANG RAJIN MINUM AIR PUTIH NYA YACH….!!!!!

@@@@ Semoga Bermanfaat @@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan