3 Jenis Makanan Murah Bergizi Tinggi

3 Jenis Makanan Murah Bergizi Tinggi. Makanan murah bergizi tinggi ??? Kira-kira ada apa enggak ya ? Jawabannya  UBI pasti ada, karena tanpa kita sadari makanan itu ada disekitar kita. Dan beberapa makanan murah bergizi tinggi ini biasanya di masyarakat lebih dikenal dengan makanan ”kampung”. Hal ini dikarenakan harganya yang murah dan bisa ditemui dimana saja. Padahal jangan salah meskipun makanan kampung tetapi mereka punya banyak keunggulan. Diantaranya mudah didapat, harganya murah, gampang pengolahannya dan yang terpenting lagi adalah makanan tersebut bergizi tinggi. 3 Jenis makanan murah bergizi tinggi itu adalah sebagai berikut :

 

1. SINGKONG

Tanaman umbi-umbian ini sangat  berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari batang sampai daunnya. Manfaat dan khasiat singkong antara lain adalah :

  • Batang Singkong ; batang singkong bisa digunakan sebagai obat tradisional menurunkan demam dan obat luka
  • Daun Singkong ; daun singkong banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan bisa diolah dan disulap menjadi masakan yang lezat oleh masyarakat. Daun singkong banyak mengandung vitamin A yang penting bagi mata dan vitamin C untuk kekebalan tubuh.
  • Umbi Singkong ; umbi singkong cukup direbus saja sudah menjadi makanan yang mengenyangkan, meskipun sebenarnya banyak sekali yang bisa dilakukan untuk mengolah umbi singkong menjadi berbagai olahan makanan. Selain itu umbi singkong juga bermanfaat untuk memperlancar buang air besar, sehingga bisa membuat pencernaan menjadi sehat.

2. KETELA / UBI JALAR

Ubi jalar ini masih saudara dengan singkong, manfaat dan khasiatnya juga tidak kalah dengan singkong diantaranya yaitu :

  • Menurut sebuah penelitian ubi jalar yang dimakan beserta kulitnya menyediakan lebih banyak serat daripada seporsi oatmeal, yang tentunya harga jauh lebih mahal dari ubi jalar bukan ?
  • Ubi jalar kaya akan karbohidrat dan mengandung sedikit glukosa sehingga sangat cocok untuk makanan bagi para penderita diabetes.
  • Ubi jalar juga berfungsi sebagai antioksidan, membantu mencegah infeksi dalam pencernaan, saluran kencing dan paru-paru.

3. TEMPE

Tempe, siapa yang tidak kenal dan suka dengan tempe ? makanan yang satu ini sepertinya sudah menjadi makanan sehari- hari bagi hampir semua masyarakat. Meskipun dari mereka tidak banyak yang tau kalau sebenarnya tempe adalah salah satu makanan murah yang bergizi tinggi. Dalam sepotong tempe yang menjadi makanan rakyat ini mengandung beberapa zat penting yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya :

  • Mineral, vitamin B12 dan zat besi yang sangt dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga bisa mencegah anemia dan osteoporosis.
  • zat Antioksidan, yaitu genestein dan phytoestrogen. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada sebuah universitas di USA, menemukan bahwa kedua zat antioksidan yang terdapat dalam tempe ini ternyata dapat mencegah kanker payudara dan penuaan dini.
  • Protein, asam lemak, serat, dan kalsium didalam tempe dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat didalam darah.

Dari ketiga jenis makanan murah bergizi tinggi diatas selain rasanya yang enak dan cara pengolahannya sangat mudah dan yang terpenting lagi adalah harganya yang sangat bersahabat serta mudah ditemukan dimana saja. Oleh sebab itu mulai sekarang jangan pernah lagi menyepelekan makanan yang harganya murah, karena murah bukan berarti tidak bergizi dan sebaliknya makanan mahal belum tentu bergizi. Mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi ketiga jenis makanan diatas ya..!! Selain bermanfaat bagi kesehatan juga tidak membikin kantong jebol, karena tiga jenis makanan itu adalah makanan murah yang bergizi tinggi.

@@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...