Tips dan Triks Mencampur Adonan dalam Kue

Tips dan Triks Mencampur Adonan dalam Kue. Kue atau lebih populer dengan cake adalah makan yang sangat Adonan kue digemari oleh segala usia. Dengan berbagai variasi kue yang beraneka macam yang ada dipasaran saat ini, tentu tidak dapat dipungkiri harga sangatlah berpengaruh pada kualitas dari kue itu sendiri. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika anda mulai belajar membuat kue sendiri untuk kelurga Anda tercinta. Saat ini kita dapat dengan mudah mencari resep kue. faktanya, kadang kue yang kita buat hasilnya tidak sesuai dengan harapan kita. Meskipun kita sudah mencontoh resep dengan baik. Tapi Anda tidak perlu putus asa, mungkin resepnya tidak salah tapi cara Anda mencampur adonan dalam kue tersebut yang kurang benar atau kurang tepat. Mencampur Adonan dalam kue diperlukan tips dan triks khusus agar kue yang kita buat menjadi kue yang indah dipandang dan lezat saat dimakan. Berikut tips dan triks mencampur adonan dalam kue, diantaranya :

  1. Mencampur margarine/mentega dengan telur tidak boleh dilakukan sekaligus, karena adonan tidak akan tecampur. Masukkan telur satu demi satu ke dalam mentega yang dikocok. setelah terkocok rata, baru masukkan telur yang lain. Begitu seterusnya hingga telur habis.
  2. Untuk membuat kue yang menggunakan mentega kocok, pakailah gula kastor ( gula dengan butiran halus ) agar cepat hancur. Karena gula pasir membutuhkan waktu yang lebih lama untuk larut.
  3. Bahan-bahan kering seperti tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, cokelat bubuk, dan baking powder bisa dimasukkan secara bersamaan ke dalam adonan telur. Ayak terlebih dahulu semua bahan itu menjadi satu. setelah itu baru dimasukkan sedikit demi sedikit kedalam adonan.
  4. Mencampurkan bahan kering ke dalam adonan telur sebaiknya menggunakan spatula ataupun sendok kayu. Jangan menggunakan mikser sekalipun dengan kecepatan rendah karena udara akan lari dari  adonan, sehingga kue tidak bisa mengembang dengan sempurna.

Jika Anda sudah mencampur adonan kue dengan benar, tetapi kue Anda masih bermasalah, mungkin ada masalah lain yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa masalah dan penyebabnya dalam pembuatan kue, diantaranya :

  • Jika tekstur kue terlalu kering mungkin pada proses mencairkan mergarin terlalu lama, sehingga uap air dalam margarine hilang dan mengakibatkan cake menjadi kurang lembab.
  • Jika tekstur kue berlubang dan kasar biasanya hal itu terjadi karena pemakaian putih telur terlalu banyak. Disamping itu biasanya juga disebabkan oleh pemakaian margaring yang terlalu sedikit.
  • Jika kue mudah keras dan kering, biasanya karena terlalu banyak penggunaan baking powder dalam adonan.
  • Jika bagian tengah kue masih basah, sedangkan bagian luarnya sudah matang. Hal ini dikarenakan suhu oven yang terlalu panas. Bukalah sedikit pintu oven supaya suhu panasnya berkurang. Lalu panggang lagi kue seperti biasa.
  • Jika permukaan kue tebal dan cekung, biasanya hal ini disebabkan oleh jumlah terigu yang digunakan kurang. Sebaliknya jika permukaan kue menggunung ke tengah berarti pemakaian terigu terlalu banyak.
  • Jika permukaan kue pecah dan terbelah, maka ini disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya karena tepung terigu dengan kadar protein tinggi atau komposisi tepung terigu dan gula terlalu banyak, suhu oven yang kurang panas juga bisa menjadi penyebabnya.

Membuat kue sebenarnya gampang-gampang susah, hal yang terpenting adalah kesabaran dan suasana hati Anda saat membuat kue itu sendiri yang akan mempengaruhi hasilnya. Selain itu jika Anda sudah tahu tips dan triks dalam mencampur adonan kue, mungkin bisa membantu Anda membuat kue dengan sukses sesuai dengan harapan Anda. 

>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...