Penyebab Bruxism / Gigi Bergesekan saat Tidur

Penyebab Bruxim / Gigi bergesekan saat tidur. Bruxism (mengerat) adalah istilah dari gigi yang bergesekan bruxism saat tidur dan mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu. Orang yang mengalami bruxism ini biasanya disebut Bruxomania, dan itu disebabkan oleh suatu gejala yang timbul karena kebiasaan buruk yang tidak dapat dihindari. Ganguan bruxism / gigi bergesekan saat tidur ini biasanya mulai timbul saat penderita mulai tertidur. Penyebab  bruxism ini biasanya karena ada sebagian orang saat tidur selalu membawa keadaan yang sebelumnya mereka alami, sehingga dikemudian hari akan timbul rasa ngilu pada gigi dan akibatnya secara tidak sadar bisa menimbulkan gigi bergesekan saat tidur. 

Sedangkan mekanisme terjadinya rasa ngilu pada gigi disebabkan oleh terkikisnya email dan dentin pada gigi, padahal lapisan dibawah email yang terdapat banyak syaraf menjadi ekspos (tidak terlindungi). Akibatnya bisa menimbulkan gejala gigi ngilu, meskipun begitu masang-masing individu sangatlah berbeda-beda efeknya. Artinya tidak semua orang yang mengalami gigi ngilu bisa menyebabkan gigi bergesekan saat tidur. Selain itu gigi ngilu juga bisa mengakibatkan gangguan pada jaringan penyangga gigi, terutama pada ujung akar. Hal ini juga bisa menimbulkan rasa sakit pada saat gigi disentuh.

Apabila kondisi tersebut terjadi tentu saja akan sangat mengganngu dan diperlukan penanganan yang tepat. Salah satu cara mencegah bruxism ini adalah dengan night guard yaitu suatu alat yang dibuat dari hasil cetakan gigi si penderita. Biasanya alat ini terbuat dari karet yang kuat dan aman digunakan saat tidur, sehingga bisa menghindari bergeseknya gigi-gigi saat tidur. Selain night guard, bruxism juga bisa dicegah dengan Hypnotherapy. Perawatan ini menggunakan alam bawah sadar penderita bruxism, tetapi sayangnya tidak semua dokter gigi memiliki keahlian ini.

Penanganan bruxism ini memang tidak bisa serta merta diambil dari suatu diagnosa, karena menyangkut berbagai dugaan dan kemungkinan seperti apa penyebab dari masalah tersebut, atau mungkin ada salah satu dari orang tuanya yang juga mengalami gangguan bruxism ini. Oleh sebab itu berbagai riwayat tersebut bisa ditarik kesimpulan, sehingga dokter bisa mendiagnosa, yang ahirnya bisa mnentukan perawatan apa yang bisa diberikan pada penderita bruxism tersebut,

Bruxism tidak ada hubungannya dengan makanan, hal yang perlu diwaspadai yaitu efek samping dari gigi yang bergesekan saat tidur itu sendiri. Karena akan berakibat pada gangguan penyangga gigi, gigi ngilu serta gangguan pada persendian rahang. Kelainan seperti gigi bergesekan saat tidur / bruxism ini memang sangat sulit dihilangkan. Tetapi apabila dilakukan dengan penanganan yang tepat kemungkinan gangguan bruxim ini akan bisa diminimalkan. Dengan mengetahui penyebab bruxism, tentu akan mudah memberikan perawatan yang tepat. Oleh sebab itu jika ada anggota keluarga yang mengalami atau menderita bruxism segaralah konsultasi ke dokter gigi untuk mendapat penanganan secara tepat dan benar, selain itu untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab bruxism/ gigi bergesekan saat tidur.

 >>>>> SEMOGA BERMANFAAT <<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...