Manfaat dan Khasiat Wortel bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Wortel bagi Kesehatan. Wortel… siapa yang tidak tahu sayur yang satu ini? Hal ini wortel 2 dikarenakan jenis sayuran yang satu ini memang paling populer dan sangat digemari oleh banyak orang, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Wortel yang dalam bahasa Inggris disebut dengan CARROT, sayuran yang punya warna orange segar dengan bentuk panjang meruncing dan punya citarasa manis dan renyah jika dimakan dalam keadaan mentah atau belum dimasak. Wortel ini tidak hanya menambah warna cantik pada masakan kita tetapi wortel juga punya manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Bagian yang bisa dimakan dari wortel yang biasa kita makan adalah umbi atau akar dari wortel itu sendiri. Wortel atau dalam bahasa latinnya Daucus Carota adalah salah satu sayuran yang bisa ditanam sepanjang tahun. Khususnya didaerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab. Meskipun begitu wortel tetap membutuhkan matahari dan bisa tumbuh pada semua musim. Jadi para penggemar wortel tidak usah khawatir akan kehabisan stok wortel.

Untuk jenis wortel itu sendiri menurut para ahli para botanis dapat dibedakan beberapa jenis, diantaranya yaitu :

1. Jenis Imperator >> Wortel jenis ini memiliki umbi akar  panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.

2. Jenis Chantenang >> Wortel jenis ini memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis.

3. Jenis Mantes >> Wortel ini adalah hasil kombinasi dari dua jenis wortel diatas dan punya warna yang khas.

Wortel mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi dan beta karoten. Beta karoten sendiri didalam tubuh di konvensi menjadi vitamin A. Jika tubuh diberi asupan beta karoten maka tubuh akan membentuk vitamin A sesuai yang diperlukan tubuh. Berikut beberapa manfaat dan khasiat wortel bagi kesehatan, diantaranya :

>> Mencegah kanker

Beta karoten adalah salah satu yang bisa mencegah kanker, sedangkan dalam wortel terdapat kandungan beta karoten yang sangat tinggi. Dan juga karena wortel punya sifat antioksidan yang bisa melawan destruktif sel-sel kanker.

>> Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan

Karoten yang terdapat dalam wortel bisa membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah, karena seperti kita ketahui apabila kekurangan vitamin A atau biasa disebut Avitaminosis A dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja.

>> Menurunkan Kolesterol Darah

Dalam wortel juga terkandung pactin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi.

Dalam wortel juga terdapat kalium yang bisa membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Baik wortel mentah ataupun sudah diamasak sama-sama sebagai sumber kalium dan vitamin C. Oleh sebah itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi wortel..!! Apabila anda tidak suka yang mentah, anda bisa mencampurkannya pada masakan favorit anda atau mungkin bisa anda jadikan sebagai minuman atau jus. Untuk memperoleh manfaat dan khasiat yang maksimal, yang harus diperhatikan adalah pada saat memilih wortel, yaitu pilih yang warnanya agak muda dan terang. Karena hal itu menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dab segar. Dan jika anda tidak suka wortel, mungkin dengan membaca artikel ini anda akan mulai menyukai wortel. SEMOGA BERMANFAAT….@@@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan