Pengertian Kanker Serviks dan Faktor Penyebabnya

Pengertian Kanker Serviks dan Faktor Penyebabnya. KANKER SERVIKS atau yang biasa disebut dengan Kanker serviks Leher Rahim adalah salah satu kanker ganas yang menyerang kaum wanita setelah kanker payudara. Bagian yang diserang oleh kanker ini adalah bagian dari leher rahim seorang wanita. Kanker serviks juga menjadi salah satu penyebab kematian terbesar perempuan di Indonesia, bahkan badan PBB yang khusus menangani kesehatan yaitu WHO juga mengatakan bahwa penyakit kanker serviks ini menduduki peringkat pertama yang menjadi penyebab kematian kaum wanita didunia.

Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang sulit dideteksi sejak dini, karena kanker serviks stadium awal memang tidak memiliki gejala yang khas, bahkan nyaris tanpa gejala sama sekali. Dan biasanya gejala tersebut terdeteksi apabila penderita sudah mengalami kanker serviks pada stadium lanjut. Sebenarnya kanker serviks bisa dideteksi sejak dini jika seorang wanita rutin melakukan Pap Smear, tetapi sayangnya banyak wanita yang tidak mau melakukan Pap Smear karena berbagai alasan yang ada. Untuk penderita kanker serviks stadium lanjut biasanya penderita akan mengalami gejala sebagai  berikut, gejala kanker serviks stadium lanjut :

kanker serviks >> Perdarahan post coitus/perdarahan atau sakit saat berhubungan  

>> Keputihan yang abnormal

>> Terjadi pendarahan sesudah menopause

>> Keluar cairan yang abnormal ( warna kekuningan, bau dan bercampur darah )

>> Nyeri pinggul dan sakit saat buang air kecil

Faktor penyebab yang utama dari kanker serviks adalah disebabkan oleh HPV ( human papiloma virus ) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Dan kebanyakan penelitian juga menemukan bahwa infeksi HPV memang mempunyai peranan besar untuk semua kasus kanker serviks ( leher rahim ). Meskipun perjalanan infeksi HPV menjadi kanker serviks memerlukan waktu yang panjang, sekitar 10-20 tahun, akibatnya penderita yang sudah terinfeksipun tidak menyadirinya. Selain itu faktor lainnya juga menjadi penyebab terjangkitnya kanker serviks ini. Berikut beberapa faktor penyebab yang bisa memicu terjadinya kanker serviks, antara lain ;

1. Faktor usia diatas 40 tahun, semakin tua wanita semakin tinggi resiko terkena kanker serviks

2. Keputihan yang dibiarkan terus menerus tanpa di obati

3. Penyakit menular seksual ( sifilis, gonore, herpes simpleks, HIV, kutil kelamin dan virus HPV

4. Pemakain pembalut yang mengandung bahan dioksin ( diaoksin adalah bahan pemutih buat pembalut daur ulang )

5. Membersihkan organ vital dengan air yang tidak bersih

6. Bergonta-ganti pasangan seks

7. Wanita yang memiliki banyak anak

Untuk mencegah terjadinya kanker serviks salah satunya adalah Pap Smear, Pap Smear sendiri merupakan pemeriksaan sederhana yang bisa mendeteksi kelainan pada serviks. Lakukan Pap Smear secara rutin minimal 6 bln sekali agar kelainan pada serviks bisa diketahui sejak dini. Serta bisa dilakukan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Sedangkan standart pengobatan kanker serviks biasanya meliputi, operasi pengangkatan, radioterapi dan kemoterapi. Saat ini juga sudah tersedia obat herbal untuk mencegah kanker serviks. Sebelum menggunakan obat herbal disarankan untuk berkonsultasi dulu kepada ahlinya, untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan. Dengan menghindari faktor penyebabnya semoga kita semua terhindar dari penyakit yang mematikan ini, yaitu Kanker Serviks. Oleh sebab itu selalu lakukan pola hidup sehat agar tetap sehat dan semangat dalam mengahadapi hidup.

@@@@ SEMOGA BERMANFAAT – BE HEALTHY BE HAPPY @@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...