Pengertian kejang Demam dan gejalanya

Pengertian Kejang Demam dan Gejalanya. Kejang demam atau yang dikenal dengan istilah step adalah kejang penyakit yang sering dijumpai pada anak dan merupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi pada anak. kejang demam merupakan penyakit yang diturunkan, jika orang tua atau anggota keluarga pernah mengalami kejang demam maka anak mereka berpotensi mengalami kejang demam. Kejang demam adalah suatu kondisi dimana terjadi kejang yang disertai demam tinggi lebih dari 38 C dan bukan disebabkan oleh kelainan otak. Faktor penyebab kejang demam antara lain adalah  derajat demam, umur dan faktor genetik. Kejang demam ini sering dialami oleh bayi dan anak usia 6 bulan sampai 5 tahun dan paling sering ditemui pada usia 9 hingga 20 bulan. Pada saat terjadi kejang demam orang tua harus tetap tenang dan tidak panik serta harus menghadapi dengan cara penanganan yang tepat.

 

Kejang demam ini terbagi menjadi dua yaitu, kejang demam sederhana dan kejang demam kompleks.  Pengertian Kejang demam sederhana adalah kejang yang terjadinya sebentar yaitu kurang dari 15 menit dan tidak berulang. Kejang demam sederhana merupakan bentuk kejang yang sering ditemukan dan memiliki resiko komplikasi rendah. Sedangkan kejang demam kompleks biasanya terjadinya lebih dari 15 menit dan beresiko lebih tinggi untuk terjadi pengulangan serangan serta bisa berkembang menjadi epilepsi. Pada umumnya kejang demam adalah penyakit yang tidak berbahaya dan memiliki resiko komplikasi rendah. Hanya saja bila dibiarkan tanpa penanganan yang tepat maka akan ada beberapa komplikasi yang akan terjadi, diantaranya : kejang yang terus berulang, epilepsi, penurunan IQ, dan gangguan neurologis.

 

Pemberian obat penurun demam juga bisa mengurangi resiko kejang demam, obat yang sering dipakai biasanya adalah paracetamol dan ibuprofen. Apabila anak sudah pernah mengalami kejang demam, usahakan pada saat anak mulai demam jaga suhu badannya agar tidak terlalu tinggi yaitu dengan cara mengompres dan memberikan obat penurun panas. Selain itu untuk menghindari kejang demam itu sendiri sebagai orang tua harus mengenali gejala kejang demam pada anak. berikut beberapa gejala kejang demam, antara lain :

>> Suhu tubuh lebih dari 38 derajat ( bila diukur lewat ketiak, tambah 0.7 derajat )

>> Kehilangan kesadaran atau pingsan

>> Tubuh (kaki dan tangan) kaku

>> Kepala menjadi terkulai disertai rasa seperti orang terkejut

>> Kulit berubah pucat bahkan menjadi biru

>> Bola mata terbalik keatas

>> Bibir terkatup kadang disertai muntah

 

Disamping gejala diatas ada juga beberapa anak yang nafasnya berhenti dan biasanya buang air kecil serta besar tanpa terkontrol. Serangan kejang demam biasanya hanya sebentar dan gejala-gejala tersebut akan menghilang pada saat kejang demam berhenti, dan anak tersebut akan pulih kembali secara bertahap. Oleh sebab itu jika terjadi demam pada anak dan panasnya diatas angka 38 derajat segera bawa kedokter, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. BE HEALTHY BE HAPPY….!!!!!!

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...