Pengertian Probiotik dan Manfaatnya

Pengertian Probiotik dan Manfaatnya. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang diberikan sebagai suplemen probiotik makanan atau minuman yang memberikan efek kesehatan yang baik bagi manusia ataupun hewan. Barangkali tidak banyak yang tahu kalau dalam tubuh kita, terutama dalam pencernaan kita terdapat probiotik, bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri baik atau probiotik ini biasanya terdapat dalam sayur-sayuran dan buah serta produk-produk makanan dan minuman tertentu. Hal yang perlu diketahui ternyata probiotik ini bukan hanya baik untuk orang dewasa saja tetapi juga baik untuk anak-anak dan bayi.

Asal mula probiotik berawal dari sebuah konsep yang dikembangkan oleh sebuah teori autointoksikasi yang dikemukakan oleh seorang ilmuwan Rusia penerima Nobel Biologi pada tahun 1908, yang bernama Elie Metchnikoff yaitu secara perlahan pembusukan oleh bakteri dalam usus besar menghasilkan senyawa-senyawa beracun yang memasuki peredaran darah, yang disebut dengan proses autointoksikasi. Proses ini menyebabkan penuaan dan penyakit degeneratif. Mikroorganisme yang beperluang besar melintasi dan hidup dalam pencernaan adalah yang berasal dari tubuh manusia itu sendiri. Oleh karena itu pada awal pembuatan probiotik berasal dari usus manusia atau dari feses bayi sehat. 

Demikian juga pada saat bayi dilahirkan melalui persalinan normal, secara otomatis saluran pencernaannya akan dikolonisasi atau dihuni oleh bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan atau probiotik tersebut. Dan faktanya lagi probiotik ini akan tumbuh subur dalam saluran pencernaan apabila si bayi minum air susu ibu ( ASI ). Hal ini terjadi karena didalam ASI terdapat Human Milk Oligosakarida yang merupakan faktor pertumbuhan atau prebiotik yang berfungsi sebagai makanan yang berguna bagi perkembangan bakteri probiotik. Dengan kata lain Prebiotik merupakan ”makanan” bakteri Probiotik. Jadi dengan adanya faktor pertumbuhan atau prebiotik ini, jumlah bakteri probiotik dalam tubuh si bayi juga semakin melimpah dan otomatis akan sangat baik bagi kesehatannya.

Karena probiotik ini merupakan mikroorganisme yang sangat berguna bagi kasehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Menghambat pertumbuhan bakteri patogen

2. Bisa merangsang pembentukan daya tahan tubuh

3. Bisa memproduksi enzim pencernaan

4. Bisa memperbaiki kembali kondisi usus yang terkena pengobatan antibiotik

5. Mengobati diare yang disebakan oleh antibiotik, virus dan bakteri

6. Pada jangka panjang bisa mencegah kanker

7. Bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah

8. Memperbaiki pencernaan

9. Memberbaiki keluhan malabsorsi laktosa

Dengan begitu banyak manfaat dari bakteri probiotik, bagi orang tua sebaiknya perlu memperhatikan asupan-asupan buah, makanan, sayur dan minuman yang bisa menunjang tumbuhnya probiotik tersebut. Terutama saat anak sudah tidak lagi mendapatkan ASI. Karena ASI adalah satu-satunya yang bisa membuat bakteri Probiotik bisa tumbuh subur dalam tubuh secara alami. Oleh sebab itu berikan ASI selama mungkin selama si kecil masih membutuhkannya……@@@

Description: Pengertian Probiotik dan Manfaatnya ItemReviewed: Pengertian Probiotik dan Manfaatnya
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

0 comments: