Jenis-Jenis Ruam pada Bayi

Jenis-jenis Ruam pada Bayi. Ruam adalah terjadinya perubahan kulit yang mempengaruhi warna, penampilan atau  ruam 2 tekstur kulit, termasuk kulit kemerahan atau peradangan. Ruam dapat terlokalisasi pada satu bagian tubuh, atau mempengaruhi seluruh bagian tubuh. Ruam atau kemerahan di kulit terkait dengan berbagai gejala lainnya seperti gatal, kesemutan, terbakar disertai rasa yang tidak nyaman.  Berikut beberapa jenis ruam yang mengggangu kesehatan kulit bayi, diantaranya :

1. ERITEMA TOKSIKUM

Ruam ini terjadi pada 1 sampai 3 hari pertama kehidupan bayi. Kulit yang menderita ruam ini berbentuk percikan-percikan warna merah dengan binti-bintil jerawat berkepala putih jernih. Ruam seperti ini biasanya menghilang setelah umur bayi mencapai satu atau dua minggu.

2. KERAK

Ruam jenis ini biasanya akan muncul sisik berwarna merah muda dan berminyak yang membentuk bidang-bidang kecil di kulit kepala. Untuk mengatasinya pada saat mandi, singkirkan serpihan-serpihan kulit kepala yang mengering dengan sikat rambut bayi atau waslap, atau bisa juga membersihkannya dengan menggunakan baby oil tentunya dengan perlahan-lahan agar tidak menyakiti kulit si bayi. Olesi kulit kepala yang terkena ruam dengan krim pelembab.

3. RUAM POPOK

Ruam ini biasanya akam membuat kulit teriritasi dan berwarna merah terang. Ketika popok nya diganti mungkin sikecil akan kesakitan dan menangis. Oleh sebab itu sering-seringlah mengganti popok sikecil serta oleskan krim bayi ke daerah yang terkena popok serta gunakan popok yang aman dan nyaman bagi bayi.

4. INFEKSI RAGI

Ruam jenis ini akan diawali dengan munculnya bintil-bintil kecil seperti jerawat, berwarna merah dan biasanya terdapat di lipatan kulit daerah popok dan dikelilingi oleh titik-titik merah kecil yang membuat kulit menebal. Jika ruam berlangsung lebih dari 5 hari sebaiknya segera periksakan ke dokter, Munkin dokter akan menyarankan krim antijamur kepada anda.

5. EKSIM

Kulit yang terkena ruam ini biasanya menjadi kemeraha dan gatal. Ruam ini biasanya bermula dari pipi, kening dan kulit kepala, lalu akan menjalar kebagian tubuh lainnya. Usahakan setiap habis mandi, oleskan pelembab kulit bayi, potong kuku-kuku nya agar tidak melukai diri nya sendiri saat si kecil menggaruk tubuhnya. Segera bawa sikecil ke dokter untuk mendapat pengobatan.

Untuk menghindari berbagai jenis ruam ini, Sebaiknya sebagai orang tua harus selalu menjaga kebersihan saat merawat bayi. Karena Kulit bayi yang masih sensitif tentu harus diperhatikan perlengkapan yang digunakan hendaknya dari bahan-bahan yamg lembut dan juga aman bagi bayi. Dengan demikian bayi anda akan terhindar dari berbagai jenis ruam yang akan menggangu kesehatan kulit bayi anda. SEMOGA BERMANFAAT…@@@!!!

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...