Hal-Hal yang Mempengaruhi kecerdasan Anak

Hal-Hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak. Kecerdasan sangat identik dengan yang namanya IQ atau otak Intelligence Quotient yang dimiliki oleh anak. Sedangkan IQ sendiri akan terbentuk sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan otak. Untuk pertumbuhan otak pengertiannya adalah bertambahnya jumlah sel, dan bertambahnya jumlah sel itu sendiri akan mencapai puncaknya pada masa anak berusia balita. Oleh sebab itulah kita sering mendengar istilah The Golden Age ( masa keemasan ). Karena pada saat itu otak akan mengalami perkembangan yang terus-menerus, hingga ahirnya melambat dan juga berhenti pada saat anak berusia 18 tahun. Ada dual hal yang sangat mempengaruhi kecerdasan anak, yaitu :

- PERTUMBUHAN OTAK

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa pertumbuhan otak akan mencapai puncaknya pada usia balita. Oleh sebab itu pada saat anak berusia balita orang tua sangat berperan penting untuk bagaimana supaya pertumbuhan otak bisa maksimal. Karena jika tidak, masa-masa The Golden Age akan sia-sia dan Kecerdasan anak juga tidak maksimal.  Disini orang tua harus punya pengetahuan yang luas tentang bagaimana memaksimalkan pertumbuhan otak pada anaknya. Disamping faktor orang tua juga ada 2 faktor lainya yang bisa mempengaruhi pertumbuhan otak yang berperan penting dalam kecerdasan anak, yaitu :

>> Faktor Internal

Faktor internal adalah karakter yang melekat pada diri anak itu sendiri. Dan bila hal itu terjadi, maka tidak ada yang bisa diupayakan. Meskipun begitu, faktor internal tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan sel-sel otak pada anak. Adapun yang termasuk faktor internal adalah keturunan atau genetik dan ras.

>> Faktor External

Faktor external berbeda dengan faktor internal, sebab faktor external masih bisa diupayakan oleh orang tua hingga pertumbuhan sel-sel otak anaknya menjadi optimal. Adapun yang termasuk faktor external adalah nutrisi, metabolik dan penyakit yang diderita anak.

Oleh sebab itu jika ingin meningkatkan kecerdasan anak melalui faktor external yaitu perlunya asupan nutrisi yang seimbang, agar sel-sel otak tumbuh maksimal dan secara otomatis kecerdasan anak juga maksimal. Untuk itu berikan nutrisi yang baik pada balita. Yaitu dengan cara menjamin asupan AA dan DHA selama masa pertumbuhan sel otak anak masih berlangsung ( masa balita ). Yang perlu diperhatikan adalah saat memberikan asupan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan anak. Jangan sampai berlebihan dan kekurangan. Karena bila hal itu terjadi justru akan membahayakan kesehatan anak itu sendiri.

- PERKEMBANGAN OTAK

perkembangan otak hampir sama dengan pertumbuhan sel otak, pada perkembangan otak juga diperlukan adanya sel-sel otak yang sehat. Untuk menghasilkan sel otak yang sehat yaitu diperlukannya energi, koenzim dan oksigen. Disini oksigen sangat berperan penting dalam kecerdasan anak. Sedangakan kecerdasan anak terkait dengan proses metabolisme pada pada sel otak. Agar Kecerdasan tidak menurun, maka proses metabolisme juga jangan sampai menurun. karena yang mempengaruhi turun tidaknya metabolisme sangat ditentukan oleh pasokan oksigen pada tubuh, semakin rendah pasokan oksigen yang diterima maka kecerdasan anak juga akan terganggu.

Dan pada ahirnya jika perkembangan otak sudah optimal maka akan tercapai tingkat kecerdasan atau IQ pada anak. Tetapi tingkat kecerdasan ini bisa berbeda-beda ada yang normal, diatas normal atau bahkan jenius. Pada tingkat kecerdasan dibawah dan diatas normal sangat dipengaruhi oleh jumlah sel otak dan metabolisme sel otak. Sedangkan pada tingkat jenius lebih dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Oleh sebab itu manfaatkan sebaik-baiknya  masa keemasan pada perkembangan anak karena hal itu adalah faktor yang sangat mempengaruhi kecerdasan anak-anak anda….;@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...