Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Petai bagi Kesehatan. Petai merupakan pohon tahunan tropika yang banyak tersebar diseluruh nusantara, Petai khususnya bagian barat. Pohon petai tingginya bisa mencapai 20m dan yang biasanya dikonsumsi adalahnya bijinya yang juga disebut petai sama dengan nama pohonnya. Biji petai memang berbau khas meskipun begitu, banyak orang yang menyukainya dan tidak sedikit juga orang yang membencinyanya karena baunya yang sangat menyengat. Usut punya usut ternyata petai punya banyak manfaat bagi kesehatan kita, karena petai adalah salah satu tumbuhan yang memiliki serat yang tinggi, kaya karbohidrat dan rendah garam dan itu memang bagus bagi kesehatan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, petai ini bisa mencegah berbagai penyakit, bahkan yang mengejutkan ternyata petai punya kandungan protein yang lebih tinggi dibanding dengan tempe.

Biji petai bisa dikonsumsi mentah ataupun dimasak menjadi berbagai macam masakan dengan dicampur bahan lainnya. Tetapi efeknya setelah mengkonsumsi petai ini, bau mulut kita menjadi luar biasa tidak enak dan satu lagi air kencing orang yang sudah mengkonsumsi petai juga baunya seperti petai. Bagi pencinta petai semua itu tidak menjadi masalah karena memang rasa petai bagi mereka sangat lezat, oleh sebab itu efeknya tidak begitu dipikirkan. Namun jangan lihat petai dari baunya, tapi lihatlah dari manfaat petai bagi kesehatan tubuh. Hal itu karena petai memang mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat oleh tubuh, diantaranya yaitu tryptophan(protein yang bisa membuat rilex), kalium yang rendah garam, mengandung serat tinggi, Vitamin B6 dan B12, sulfur, belerang, tanin dan lain-lain. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat petai bagi kesehatan, antara lain :

  • Mampu menurunkan kadar gula darah
  • Bisa meningkatkan konsentrasi
  • Membantu proses pencernaan/mengatasi sembelit
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengobati luka lambung
  • Mencegah stroke
  • Menambah nafsu makan
  • Mengobati cacingan pada anak
  • Membuat tubuh awet muda

Itulah beberapa manfaat petai bagi kesehatan tubuh yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Oleh sebab itu bagi pencinta petai jangan ragu dan jangan malu,teruskan mencintai dan mengkonsumsi petai..! Sedangkan bagi yang ogah mengkonsumsi, mulai sekarang belajarlah untuk menyukai petai. jika kendalanya adalah bau mulut, segeralah bersihkan mulut Anda setelah mengkonsumsi petai. Dengan begitu diharapkan Anda bisa mengkonsumsi petai, karena meskipun baunya tidak enak tapi manfaatnya sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Dari pada makan enak bikin sakit, karena kebanyakan kolesterol, mending makan petai. Bau sedikit tidak masalah asalkan menyehatkan. Betul enggak ..???? 

   

>>>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...