Cara Mengajarkan Kemampuan Mengelola Keuangan pada Anak

Cara Mengajarkan kemampuan Mengelola Keuangan pada Anak. Kemampuan mengelola keuangan pada anak Anak tidak datang begitu saja, tetapi hal itu harus diajarkan pada anak sejak anak masih dalam usia dini, sehingga ketika anak beranjak dewasa, dia sudah bisa mengelola keuangannya sendiri yang tentunya memiliki peran penting dalam kehidupannya kelak. Untuk melatih anak sejak dini bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan di rumah yang dilakukan oleh orang tua akan banyak mempengaruhi pola hidup anak saat ia dewasa, termasuk kemampuan tentang mengelola keuangan yang dimiliki anak.

Disamping itu orang tua harus memiliki kesadaran untuk mendidik kemampuan mengelola keuangan kepada setiap anaknya. Agar anak bisa mengerti dan paham bagaimana membuat sebuah perencanaan, berpikir, memilih, memutuskan sesuatu hingga anak-anak bisa bertanggung jawab terhadap konsekuensi yang ditimbulkan atas tindakan yang dilakukankanya. Oleh sebab itu itu kemampuan ini harus dipupuk sejak dini, sejak awal sebaiknya anak dikenalkan dengan 5 hal dasar dalam mengajarkan kemampuan mengelola keuangan, yaitu :

  • Menghasilkan ( Earning )
  • Mengunakan ( Spending )
  • Menabung ( Saving )
  • Berbagi/Bersedekah ( Sharing/Giving )
  • Berinvestasi ( Investing )

Sedangkan untuk mengajarkan kemampuan mengelola keuangan pada anak perlu dilakukan hal-hal berikut ini :

  1. Beri pengertian pada anak bahwa uang harus dicari melalui kerja keras. Kenalkan juga mata uang sejak dini pada anak, meskipun ia hanya tertarik dengan warna dan nominalnya saja.
  2. Beri contoh teladan pada anak tentang bagaimana cara orang tua menghasilkan uang, bagaimana menghandle keuangan sehari-hari dan bagaimana pula cara menggunakannya.
  3. Komunikasikan pengetahuan tentang keuangan secara hangat
  4. Topik keuangan bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan dengan anak. Karena jika orang tua tidak nyaman membahas tentang keuangan, anak tidak akan memiliki pengalaman yang menyenangkan.
  5. Hindari bertengkar soal uang didepan anak, karena hal itu akan membuat anak memandang bahwa uang merupakan sumber masalah dan sumber stress.

Pembekalan kemampuan keuangan sebaiknya mulai ditanamkan paling lambat saat anak duduk dikelas 3 sekolah dasar. Selanjutnya Anda sebagai orang tua harus berusaha terus memupuk kemampuan anak untuk mengelola keuangannya sendiri. Sedangkan cara mengajarkan kemampuan mengelola keuangan pada anak haruslah sesuai dengan usia anak, jadi lakukanlah dengan bertahap mulai dari hal yang sederhana terlebih dahulu. Dengan begitu anak akan paham dan mengerti tentang apa yang sudah diajarkan oleh orang tua dan ahirnya anak akan bisa mengelola keuangannya sendiri tentunya.

 >>>>> Semoga Bermanfaat <<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...