Tips Menghadapi Cobaan Hidup

Tips Menghadapi Cobaan Hidup. Tak ada seorangpun manusia yang hidup di dunia ini tidak pernah mengalami permasalahan Cobaan Hidup dalam menjalani kehidupan, baik itu dalam pekerjaan, keluarga dan dalam bermasyarakat. Dalam ini pasti semua orang pernah merakasakannya, mulai masalah yang ringan hingga berat. Semua masalah yang kita alami merupakan sebuah cobaan hidup yang diberikan Allah SWT kepada kita, tinggal bagaimana kita menyikapi cobaan hidup itu sendiri. Meskipun memang masing-masing orang sangat berbeda dalam menghadapai cobaan hidup, tetapi sebenarnya cobaan hidup adalah sebuah ujian bagi kita untuk naik kelas. Tips yang sebenarnya dalam menghadapi cobaan hidup adalah kita bisa menjalaninya dengan sabar dan tenggar serta tidak pernah menyerah.

Cobaan hidup merupakan suatu proses agar kita bisa lebih baik lagi, jika kita bisa mengambil hikmah dari cobaan itu. Maka cobalah untuk menanamkan dipikiran kita bahwa cobaan hidup bukan sebuah musibah tetapi sebuah ujian yang memang harus kita tempuh agar kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Lalu bagaimana tips atau cara menghadapi cobaan atau permasalahan dengan baik ? Berikut ada beberapa tips menghadapi cobaan hidup, antara lain adalah :

1. Bersikap Tenang

Ketika masalah datang menerpa kita hindari sikap panik, dan bersikaplah tenang sebagaimana yang telah dianjurkan oleh Rosulullah SAW bahwa sikap tenang lebih utama daripada panik dan marah-marah. Karena sikap panik dan amarah malah akan mempersulit kita untuk mencari solusi dari permasalahan kita, justru sikap tersebut bisa mengakibatkan pikiran lebih kacau dan kurang jernih.

2. Berpikir Positif dan Ambil Hikmahnya

Sebaiknya kita harus bisa berpikir positif ketika ada masalah. Sebab, pada dasarnya masalah yang menghampiri tersebut mengandung hikmah yang belum kita ketahui. Selain itu, perlu diingat bahwa diluar sana masih banyak orang lain yang mendapatkan cobaan lebih berat daripada kita. Dengan begitu di hati kita tetap mengucap rasa syukur meskipun kita mendapat  cobaan hidup apapun bentuknya. Karena suatu saat nanti akan hikmahnya, yang penting tetap sabar dan ikhlas dalam menjalaninya.

3. Yakinlah, Dibalik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Sebenarnya kesulitan dan kemudahan datang silih berganti. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Insyirah ayat 5 yang artinya ”Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Q.S. Al-insyiroh:5) Dan kita harus percaya itu. Karena keyakinan, sabar dan keteguhan hati serta semangat pantang menyerah, tentu akan lebih memudahkan kita untuk bisa menghadapi cobaan hidup.

4. Ucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi roo’jiun

Dalam sebuah hadist menyebutkan bahwa barang siapa yang tertimpa musibah lalu ia mengucapkan ”Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un” yang artinya segala sesuatu adalah milik Allah SWT dan akan kembali kepadaNya. Dengan begitu maka Allah SWT akan memberikan ganjaran dalam musibahnya dan menggantinya dengan yang lebih baik.

5. Jangan Mudah Putus Asa

Percayalah, bahwa masalah yang ada pasti dapat diselesaikan dan sesuai dengan kemampuan kita. Karena Allah SWT tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan kita. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah yang artinya ”Allah SWT tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah:286).

6. Instropeksi Diri

Masalah dan Cobaan yang datang, bisa jadi karena kesalahan atau perbuatan dosa kita sendiri. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Asy Syura yang artinya ”Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” ( Q.S. Asy Syura:30) Oleh sebab itu kita harus instropeksi diri tentang perbuatan-perbuatan kita dan lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

7. Hadapi Cobaan dengan Bersabar

Sikap sabar merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menghadapi cobaan hidup. Karena dengan sikap sabar tentu kita akan bisa mencari pemecahan masalah yang kita hadapi. Dengan sikap sabar tentu akan lebih mudah bagi kita untuk mengahadapi segala cobaan hidup didunia ini. Setelah Bersabar dan berusaha ikhlas tentu senuanya kita pasrahkan lagi kepada Allah SWT.

Dengan tips menghadapi cobaan hidup seperti instropeksi diri dan memperbaiki kesalahan yang pernah kita perbuat. Dan berusaha lebih baik lagi dalam hidup dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan begitu semoga kita dijauhkan dari cobaan hidup didunia dan selamat di akhirat. Semoga tips atau cara menghadapi hidup yang tersebut diatas bisa bermanfaat dan lebih menguatkan kita dalam menghadapi segala cobaan atau permasalahan dalam hidup kita.

 @@@@ Semoga Bermanfaat @@@@ 

Tambahkan Komentar Sembunyikan