Mengenal Teh Oolong dan Manfaatnya

Mengenal Teh Oolong dan Manfaatnya. Teh Oolong adalah salah jenis varian teh yang ada saat ini, tentunya selain  Teh Oolong 2 teh hitam dan hijau. Sebagian besar orang khususnya di Indonesia pasti mengenal yang namanya minuman teh, karena diyakini dengan minum teh akan memberi manfaat dan khasiat tertentu.  Sedangkan untuk Teh Oolong sendiri mungkin masing banyak orang yang belum mengenalnya, padahal teh Oolong ini lebih istimewa dan juga punya manfaat tersendiri bagi kesehatan kita. Teh Oolong pertama kali dikonsumsi pada jaman dinasti Ming yaitu sekitar 400 tahun yang lalu, tepat nya di gunung Wu Yi Shan yang terletak di provinsi Fujian.

Teh Oolong atau bisa juga disebut Wu Long yang berarti Naga Hitam hadir karena pada masa dinasti ming, mereka  ingin minum teh dengan cita rasa dan aroma yang unik, maka terciptalah Teh Oolong. Yang membedakan teh Oolong dengan teh lainnya adalah cara penyajian dan cara meminum teh Oolong itu sendiri yaitu dengan menggunakan poci kecil dan cangkir yang mungil. Tetapi untuk saat ini jika anda ingin menikmati secangkir Teh Oolong, anda tidak perlu repot lagi karena saat ini sudah beredar Teh Oolong celup yang bisa anda temui dipasaran.

Sebenarnya Teh Oolong menyerupai teh hijau dan teh hitam, yaitu teh yang setengah difermentasi atau fermentasinya Oolong dihentikan sebelum prosesnya berlangsung sempurna. Teh Oolong berwarna coklat kehijauan dengan cita rasa yang lebih kaya dari teh hijau, namun lebih lembut dari teh hitam. Untuk manfaat teh Oolong sudah tidak diragukan lagi, berikut beberapa manfaat Teh Oolong bagi kesehatan, antara lain :

  • Membantu fungsi metabolisme lemak dan mengontrol obesitas. Dengan kata lain Teh Oolong bisa mencegah kegemukan jika diminum secara teratur.
  • Kandungan Polyphenol dan Flavonoid yang memiliki efek anti oksidan dalam Teh Oolong juga bisa  mencegah kanker, membantu menurunkan kolesterol dan darah tinggi.
  • Teh Oolong juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa jika teh oolong dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan tingkat plasma glukosa pasian diabetes.

Meskipun manfaat dan khasiat minum Teh Oolong sangat baik bagi kesehatan, bukan berarti hanya dengan minum teh oolong saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan kita. Pola makan sehat rendah lemak, tinggi serat dan olah raga secara teratur serta berpikiran positif dalam menjalani hidup juga sangat diperlukan untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Dan tentunya ditambah dengan secangkir Teh Oolong tentu akan lebih baik lagi. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengkonsumsi Teh Oolong yang sangat bermanfaat ini ????

>>>>> BE HEALTHY BE HAPPY <<<<<

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...