Mengenal Penyakit Typus dan Gejalanya

Mengenal Penyakit Typus dan Gejalanya. Penyakit Typus Adalah sebuah penyakit peradangan pada usus yang penyakit typus disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi yang tertular lewat makanan dan minuman yang terinfeksi oleh bakteri. Kuman atau bakteri ini masuk lewat mulut kemudian menyebar ke bagian lambung, lalu ke usus halus. Fatalnya bakteri ini berkembang biak atau memperbanyak diri di daerah usus halus dalam tubuh kita. Oleh sebab itu kita harus mengenal penyakit typus ini serta gejala yang menyertainya, agar bisa diantisipasi sejak dini.

penyakit typus yang biasanya diawali dengan demam disertai dengan gejala seperti demam pilek pada umumnya. Tetapi yang membedakan tipes dengan dengan demam biasa adalah waktu demam itu terjadi, yaitu demam tipes biasanya muncul pada sore dan malam hari yang disertai dengan panas yang susah turun meskipun sudah diberi obat. Rasa nyeri kepala yang hebat tetapi tidak disertai batuk. Serta rasa yang tidak nyaman pada perut juga menjadi gejala awal penyakit tipes. Berikut beberapa gejala penyakit typus, diantaranya :

  • Demam yang semakin hari semakin bertambah, terutama disore dan malam hari. Hal ini terjadi sekitar 7-10 hari, kemudian demamnya menjadi stabil pada suhu tertentu.
  • Biasanya kondisi penderita akan membaik dipagi hari, tetapi menjelang malam hari kondisinya akan menurun lagi.
  • Pada gejala awal biasanya tubuh menjadi lemah disertai dengan sakit kepala hebat
  • Lidah berwarna putih susu dan bagian tepinya kelihatan memerah
  • Bibir kering dan disertai dengan terjadinya infeksi tenggorokan
  • Rasa tidak nyaman pada perut
  • Sembelit dan kadang susah BAB
  • Diare

Biasanya penderita penyakit typus disarankan untuk makan bubur, karena khawatir terjadi gangguan pada pencernaan atau terjadinya pendarahan pada usus halus. Tetapi faktanya hal itu tidak sepenuhnya benar karena bakteri penyakit typus ada pada usus halus, sedangkan semua makanan yang masuk ke usus halus sudah dalam bentuk cair, jadi makan bubur atau tidak itu tidak akan mempengaruhi pada daerah usus halus itu sendiri. Pantangan pada penderita typus adalah :

  • makanan yang berserat tinggi, seperti sayuran atau buah-buahan
  • makanan yang berisiko menimbulkan kontraksi pada pencernaan, seperti makanan asam dan pedas

Penderita typus dianjurkan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi, seperti susu, daging, telur, tahu, tempe dan lain-lain. dengan demikian akan menambah nafsu makan sehingga proses penyembuhan akan semakin cepat. Selain itu penderita penyakit typus diharapkan untuk banyak beristirahat diatas tempat tidur, karena jika terlalu banyak bergerak akan menyebabkan naiknya suhu badan dan bisa berakibat fatal yaitu bisa menimbulkan resiko usus pecah. Dengan mengenal penyakit typus dan gejalanya, diharapkan jika ada keluhan- keluhan seperti diatas agar segera membawa penderita ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

@@@@@ SEMOGA BERMANFAAT @@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...