Manfaat Produk makanan Fermentasi bagi kesehatan

Manfaat Produk Makanan Fermentasi bagi Kesehatan. Fermentasi sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun  fermentasi 2 yang lalu. Sebagai buktinya adalah keju yang berbahan dasar susu. Karena dinegara lain keju itu  sudah dikonsumsi sejak berabab-abad yang lalu. Arti dari fermentasi sendiri adalah proses produksi dalam sel dalam keadaan anaerobik ( tanpa oksigen ). Contoh hasil dari fermentasi adalah bermacam-macam, seperti etanol, asam laktat dan hidrogen. Sedangkan dimasyarakat Ragi dikenal sebagai bahan yang umum digunakan dalam fermentasi baik itu untuk pembuatan minuman ataupun untuk membuat aneka makanan yang memang membutuhkan fermentasi.

Pada umumnya makanan mempunyai masa penyimpanan yang pendek. Hingga seiring berkembangnya teknologi, manusia kemudian berpikir bagaimana caranya agar makanan bisa tahan lebih lama atau lebih awet. Cara mengawetkan makanan sendiri bisa menggunakan teknologi canggih ataupun dengan cara yang sederhana. Karena pada intinya pengawetan makanan adalah upaya untuk menahan laju pertumbuhan mikroorganisme pada makanan. Fermentasi sendiri merupakan salah satu cara pengolahan dan pengawetan bahan pangan yang bertujuan mengendalikan mikroba jahat dan sebaliknya memanfaatkan mikroba baik.

Saat ini banyak sekali produk makanan yang merupakan hasil dari fermentasi. Sedangkan di negara kita industri fermentasi masih didominasi oleh industri tradisional. Makanan tradisional yang dihasilkan antara lain adalah tempe, tape, oncom, brem, legen, kecap dll. Nilai tambah yang diberikan dari prose fermentasi tradisional ini masih sangat kecil, namum kehadirannya mempunyai nilai sosoial-ekonomi yang tinggi. Disisi lain fermentasi dapat meningkatkan nilai gizi bahan yang berkualitas rendah serta salah satu cara menghilangkan zat anti nutrisi atau racun yang terkandung dalam bahan makanan.

Dari beberapa riset yang dilakukan oleh para ahli bahwa konsumsi makanan fermentasi seperti yogurt ( fermentasi susu ), tempe, oncom, keju, tape ketan, kecap, kecap dll ternyata mempunyai beberapa efek yang menyehatkan. Berikut manfaat produk makanan fermentasi bagi kesehatan tubuh seperti :

- Mengurangi intoleransi terhadap laktosa/maldigesti laktosa

- Mempersingkat frekwensi dan durasi diare

- Menstimulasi modulasi imunitas ( kekebalan )

- Meningkatkan aktivitas antitumor dan antimutagenik

- Membantu absorsi mineral

Selain itu produk makanan fermentasi mengandung komponen penting bagi pasokan zat gizi penduduk dunia, termasuk Indonesia. Bahkan beberapa jenis makanan fermentasi merupakan sumber protein, kalori, dan vitamin. Dari uraian diatas jelaslah sudah, bahwa produk makanan fermentasi baik tradisional maupun modern ternyata memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu jangan ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi produk makanan fermentasi. SEMOGA BERMANFAAT……@@@@@@

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Loading...